Pengembangan multimedia interaktif pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Nilam Nur Jazilatur Rohmah
Main Author: | Rohmah, Nilam Nur Jazilatur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/74801/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRohmahNilamNurJazilatur.2019.PengembanganMultimediaInteraktifpadaMateriBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbinngDr.AbdulQoharM.T.KataKunciADDIEBangunRuangSisiDatarMediaPembelajaranMultimediaInteraktifSwishMax4Denganteknologimediapembelajarandapatdiciptakansehinggakualitaspembelajarandapatditingkatkan.Kurangnyapenggunaanmediapembelajaranyanginteraktifdanmenariksepertimultimediapembelajaranmembuatpembelajarancenderungtidakmenarikmonotondanmembosankan.Salahsatupelajaranyangmembutuhkanmultimediapembelajaranyaitumatematika.Halinidikarenakanmatematikamerupakansalahsatuilmuyangmempunyaiperansangatsentraldalammembentukpolapikirsiswa.Kemampuanpolapikirtersebutmeliputipolaberpikiryanglogissistematisanalitisspasialsertapemecahanmasalahdalamkehidupan.Akantetapimatematikatermasukpelajaranyangdianggapsulitdantidakdisenangisiswa.Salahsatumaterimatematikayangmembutuhkanmultimediapembelajaranyanginteraktifdanmenarikyaitubangunruangsisidatar.BerdasarkanpengamatanyangdilakukanpenelitidisalahsatuSMPdiMalangpenelitimendapatkaninformasibahwasiswamengalamikesulitandalammempelajarimateritersebutkarenakurangnyakemampuanspasialsiswaSMP.OlehkarenaitupenelitimelakukanpenelitianpengembanganmultimediainteraktifpadabangunruangsisidataruntuksiswaSMPkelasVIII.PengembanganmultimediainteraktifinimenggunakansoftwareSwishMax4.PenelitianinimenggunakanmodelpenelitianADDIEyangmemilikilimatahapyaitu(1)Analyze(TahapAnalisis)(2)Design(TahapPerancangan)(3)Develop(TahapPengembangan)(4)Implementation(TahanImplementasi)(5)Evaluate(TahapEvaluasi).Produkyangdikembangkankemudiandivalidasiolehvalidatorahlimediadanahlimateri.Produkyangtelahdivalidasikemudiandiujicobakankepada24siswakelasVIIISMPN5Malangdengankemampuanheterogen.Berdasarkanhasilujikevalidanmediadiperolehnilai375kevalidanmateridengannilai363sertakevalidanangketresponsiswadengnnilai37sehinggamediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriavalid.Padaujikepraktisanmediapembelajaranmendapatnilai35yangdiperolehdariangketresponsiswasehinggamediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriapraktis.Sedangkanhasilujikeefektifandiperoleh83%siswamemperolehnilai80keatasyangmenunjukkanbahwamediapembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriaefektif.Berdasarkanhasiltersebutmediapembelajaranyangdikembangkandinyatakanvalidpraktisdanefektif.Saranpenelitidalamupayapengembanganlebihlanjutmediapembelajaraniniyaitupenelitimengharapkanadanyapengembanganmedialebihlanjutdenganadanyatambahanidedarisegiinteraksiatautampilanyanglebhbaikuntukmateribangunruangsisidatarmaupunmateriyanglain.PenelitijugamengharapkanmediapembelajaraninidapatdikembangkanmenjadiprodukberbasisAndroid.