Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang / Yudho Pudjo Sudiro

Main Author: Sudiro, Yudho Pudjo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/744/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sudiro, Yudho Pudjo. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd., (II) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia, Multimedia Interaktif. Multimedia merupakan kombinasi dari media yang berbeda (yaitu, teks, gambar, suara, video, animasi, dll) yang digunakan untuk menyajikan informasi multimodal dalam kaitannya dengan teknologi komputer. Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran berbasis komputer yang terdiri dari kombinasi dari media yang berbeda yang dioperasikan oleh pengguna, sehingga terjadi interaksi antara dua arah antara pengguna dengan multimedia interaktif. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak dan valid sebagai sumber belajar yang menarik untuk siswa pada materi recount text dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahapan tersebut ialah a) tahap pengumpulan informasi; b) tahap perencanaan; c) tahap pengembangan produk; d) tahap validasi dan tahap ujicoba; dan e) tahap penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian dalam pengembangan multimedia interaktif ini adalah siswa kelas VIII E di SMP Negeri 15 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa validasi ahli media, validasi ahli materi, dan instrumen angket siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi ahli media, validasi ahli materi, instrumen angket siswa berupa prosentase. Hasil pengembangan multimedia interaktif memenuhi kriteria valid, dengan hasil validasi dari ahli media didapatkan skor prosentase sebesar 90%, ahli materi didapatkan skor presentase sebesar 98,75%, dan dari uji coba lapangan didapat skor prosentase 89,15%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Inggris materi recount text kelas VIII SMP Negeri 15 Malang layak dan valid sebagai salah satu media pembelajaran. Pada pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif, sebaiknya user sudah terbiasa mengoperasikan komputer dan membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat, agar nantinya dalam mengoperasikan multimedia pembelajaran interaktif user tidak mengalami kesulitan.