Pengembangan bahan ajar e-module mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi tata surya kelas VII semester 2 tahun ajaran 2016/2017 di SMPN 1 Mojoagung Jombang / Naqhula Xenix Fatoni Pratama

Main Author: Pratama, Naqhula Xenix Fatoni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/733/
Daftar Isi:
  • i ABSTRAK Xenix, Naqhula. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-Module Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tata Surya Kelas VII Semester 2 Tahun ajaran 2016/2017 di SMPN 1 Mojoagung Jombang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Drs. Zainul Abidin, M.Pd., (II) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, E-Module, Tata Surya E-module merupakan salah satu penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. E-module materi Tata Surya yang diperuntukan pada proses pembelajaran IPA bagi siswa kelas VII SMP ini berbentuk elektronik, didalamnya diisi materi dengan format digital dan hanya bisa digunakan dengan media komputer yang memadai. Proses pembuatan e-module dimulai dengan menyiapkan software Autoplay Media Studio 8, karena software ini sangat mendukung dalam pembuatan bahan ajar e-module interaktif dengan berisi beberapa konten yang mempunyai fasilitas cukup mudah untuk mempublish file atau produk yang sudah jadi dan selanjutnya disimpan dengan format Application. Kemudian jika bahan ajar e-module ini sudah jadi dalam bentuk Application, langkah selanjutnya adalah dikemas dan diperbanyak kedalam Compact Disk (CD) dengan proses burning menggunakan aplikasi bawaan windows 10. Sehingga siswa dapat memanfaatkannya pada masing-masing laptop atau Personal Computer (PC) yang memadai. Dalam penelitian pengembangan e-module ilmu pengetahuan alam (IPA) materi Tata Surya kelas VII, semester 2 ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens (2004). Tahapan pengembangan dalam model Lee & Owens adalah (1) Assesment/analysis (analisis); (2) Design (Desain); (3) Development (Pengembangan); (4) Implementaion (Penerapan); (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 1 Mojoagung Jombang tahun ajaran 2016/2017. Jenis instrumen yang digunakan untuk mendapatakan data yaitu angket, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan tes hasil belajar. Bahan Ajar E-Module Ilmu Pengetahuan Alam materi Tata Surya untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, siswa sebagai subjek penelitian. Persentase hasil validasi ahli media sebesar 93,75%, ahli materi sebesar 82,50%, penyajian data siswa perorangan sebesar 85,00%, penyajian data siswa kelompok kecil sebesar 84,75% dan penyajian data kelompok besar sebesar 85,5%. Serta tes hasil belajar siswa memperoleh hasil persentase ketuntasan 93,46%. Dari penyajian data peserta didik yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) sejumlah 26 siswa dari 30 peserta didik dan 4 peserta didik lainnya tidak mencapai KKM. Analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar E-Module Ilmu Pengetahuan Alam materi Tata Surya untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama tahun ajaran 2016/2017 ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.