Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar digital pelajaran seni budaya materi pameran seni rupa bagi siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Haka Badrus Zaman
Main Author: | Zaman, Muhammad Haka Badrus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/73116/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANZamanMuhammadHakaBadruz2019PengembanganMediaPembelajaranBukuCeritaBergambarDigitalPelajaranSeniBudayaMateriPameranSeniRupaBagiSiswaKelasXAnimasiSMKNegeri11MalangSkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.HariyantoM.Hum.(II)AbdulRahman.PrasetyoS.Pd.M.Pd.KataKunciMediaPembelajaranBukuCeritaBergambarPameranSeniRupaPameransenirupamerupakankegiatanapresiasiterhadapkaryaseniyangbiasanyadilakukansetelahprosespembuatankaryasenibagipesertadidikpentingsebuahapresiasisenidarikegiatanpameransenirupasebagaibahanrefleksidarikaryayangtelahdibuatnyaagarkaryaselanjutnyadapatlebihbaik.Gurudalammenerangkanmateripameransenirupamemilikihambatandimanakurangnyamediapembelajaranyangdapatdigunakandalammenjelaskanmateri.Mediayangselamainidigunakanhanyaberupaproyektoryangmemperlihatkangambaranpameransenirupadanbukumodulyanghanyabisadipinjamselamakegiatanpembelajaranberlangsunghaliniberakibatpesertadidiktidakmemungkinkanbelajarlebihlanjutsecaramandiridanberkurangnyapemahamansiswaterhadapmaterisehinggakegiatanpameransenirupasulitterlaksana.Penelitiandanpengembanganyangdilakukanbertujuanuntukmenghasilkansebuahprodukmediapembelajaranberupabukuceritabergambaryangberbasisdigital.Materiyangakandisampaikanmelaluimediapembelajarantentangpameransenirupadimanamediayangdikembangkaninginmemperlihatkanlangkah-langkahyangdiperlukandalammelaksanakanpameransenirupadengangambarilustrasi.Diharapkanpenggunaanmediapembelajaraninidapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapmateriyangingindisampaikanolehgurudangurumemilikialternatiflaindarimediayangbisadigunakandalampembelajaran.PengembanganmediapembelajaraninimenggunakanmodelpengembanganResearchDevelopmentolehBorgGalldengantujuanutama(1)mengembangkanmediapembelajaran(2)mengetahuikelayakandarimediayandikembangkan.Langkah-langkahyangdilakukanuntukmengembangkanmediasebagaiberikut(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaan(3)pengembanganprodukawal(4)ujivalidasiahli(5)revisihasilvalidasiahli(6)ujicobalapangan(7)revisiakhir(8)implementasi.Berdasarkanhasilyangdidapatselamamelakukanpenelitianhasilvalidasidari2orangahlimateriyaituDianTriwulandariselakugurusenibudayaSMKNegeri11MalangdanTjitjikSriwardhaniselakudosenUniversitasNegeriMalangmendapattotalpersentasesebesar89.4%.Sedangkanhasilvalidasidari2orangahlimediayaituMitraIstiarWardhanadanAndreasSyahPahleviselakudosenUniversitasNegeriMalangmendapattotalpersentasesebedar88.3%.Hasilujicobalapanganyangberasaldari15pesertadidikkelasXanimasi2SMKNegeri11Malangmemperolehtotalpersentasesebesar80.2%.Hasilpengembanganmediayangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranbukuceritabergambardigitalmasukkedalamkriteriacukupvaliddandapatdigunakansebagaimediapembelajarandisekolahuntukmenunjangpembelajaranagarlebihbaik.