Penelitian tentang pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang / Defile Agustini Bintoro

Main Author: Bintoro, Defile Agustini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/72988/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAgustiniDefile.2016.PenelitianTentangPemanfaatanMediaPembelajaranPadaMataPelajaranSeniBudayaBidangSeniRupaKelasVIIIDiSMPNegeri21Malang.SkripsiJurusanSeniDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.LilikIndrawatiM.Pd.(II)IkeRatnawatiS.PdM.PdKataKunciMediaPembelajaranSeniBudayaSeniRupaMediapembelajaranmerupakansalahsatukomponenpembelajaranyangmempunyaiperananpentingdalamkegiatanbelajarmengajar.DalameraperkembanganIptekyangbegitupesatgurutidakcukuphanyadenganmembelajarkansiswatetapiharusmampumengelolainformasidanlingkunganuntukmenfasilitasikegiatanbelajarsiswa.UntukitupenulisinginmendiskripsikanpemanfaatanmediapembelajaranpadamatapelajaransenibudayabidangsenirupakelasVIIIdiSMPNegeri21Malang.Penelitianinibertujuan(1)mendiskripsikanmediapembelajaranyangdigunakanuntukkompetensidasarpengetahuanpadamatapelajaransenibudayabidangsenirupakelasVIIIdiSMPNegeri21Malang(2)mendiskripsikanmediapembelajaranyangdigunakanuntukkompetensidasarketerampilanpadamatapelajaransenibudayabidangsenirupakelasVIIIdiSMPNegeri21Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdeskriptif.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahangket.Untukmengujiinstumendatamenggunakanujicobaisi.Hasildaripenelitianiniadalah(1)media-mediayangdigunakanuntukkompetensidasarpengetahuanadalahbukupaketcontohhasilkaryapapantulisdancontohgambardenganintensitaspenggunanpadakegiatanpendahulandanintipembelajaran(2)media-mediayangdigunakanuntukkompetensidasarketrampilanadalahbukupaketcontohgambarcontohhasilkaryadanpapantulisdenganintensitaspenggunaanpadakegiatanpendahuluandanintipembelajaran.Darihasilpenelitianinidapatdisarankan(1)padapenelitianditemukankondisijikagurujarangmenggunakanmediaberbasisteknologimakadiharapkanpihaksekolahlebihmemperhatikandanmemberidukungankepadagurudalampenggunaanmediapembelajaranberbasisteknologi(2)darihasilpenelitianditemukankondisijikagurudalamprosespembelajaranjarangmenggunakanmediaberbasisteknologimakadiharapkangurubisamemanfaatkanpenggunaanmediaberbasisteknologidanmemanfaatkanfasilitasdaripemerintahmelaluilamanbelajarkemendikbud.go.id(3)darihasilpenelitianditemukankondisijikagurukurangmenguasaimediapembelajaranberbasisteknologimakadiharapkanjurusansenidesainUniversitasNegeriMalangbisamembuatprogramuntukgurudalampembuatanmediapembelajaranberbasisteknologi(4)penelitianinitidakseluruhnyamengacupadateoriEdgarDale.TeoriEdgarDaleadalahklasifikasi11tingkatpengalamanbelajardariyangpalingkonkretsampaipalingabstrak.MakadiharapkanpenelitiselanjutnyabisamengembangkanpenelitiandenganmenjabarkanindikatorjenismediasesuaidenganteoriEdgarDale.