Penelitian tentang pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang / Defile Agustini Bintoro
Main Author: | Bintoro, Defile Agustini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/72988/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAgustiniDefile.2016.PenelitianTentangPemanfaatanMediaPembelajaranPadaMataPelajaranSeniBudayaBidangSeniRupaKelasVIIIDiSMPNegeri21Malang.SkripsiJurusanSeniDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.LilikIndrawatiM.Pd.(II)IkeRatnawatiS.PdM.PdKataKunciMediaPembelajaranSeniBudayaSeniRupaMediapembelajaranmerupakansalahsatukomponenpembelajaranyangmempunyaiperananpentingdalamkegiatanbelajarmengajar.DalameraperkembanganIptekyangbegitupesatgurutidakcukuphanyadenganmembelajarkansiswatetapiharusmampumengelolainformasidanlingkunganuntukmenfasilitasikegiatanbelajarsiswa.UntukitupenulisinginmendiskripsikanpemanfaatanmediapembelajaranpadamatapelajaransenibudayabidangsenirupakelasVIIIdiSMPNegeri21Malang.Penelitianinibertujuan(1)mendiskripsikanmediapembelajaranyangdigunakanuntukkompetensidasarpengetahuanpadamatapelajaransenibudayabidangsenirupakelasVIIIdiSMPNegeri21Malang(2)mendiskripsikanmediapembelajaranyangdigunakanuntukkompetensidasarketerampilanpadamatapelajaransenibudayabidangsenirupakelasVIIIdiSMPNegeri21Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdeskriptif.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahangket.Untukmengujiinstumendatamenggunakanujicobaisi.Hasildaripenelitianiniadalah(1)media-mediayangdigunakanuntukkompetensidasarpengetahuanadalahbukupaketcontohhasilkaryapapantulisdancontohgambardenganintensitaspenggunanpadakegiatanpendahulandanintipembelajaran(2)media-mediayangdigunakanuntukkompetensidasarketrampilanadalahbukupaketcontohgambarcontohhasilkaryadanpapantulisdenganintensitaspenggunaanpadakegiatanpendahuluandanintipembelajaran.Darihasilpenelitianinidapatdisarankan(1)padapenelitianditemukankondisijikagurujarangmenggunakanmediaberbasisteknologimakadiharapkanpihaksekolahlebihmemperhatikandanmemberidukungankepadagurudalampenggunaanmediapembelajaranberbasisteknologi(2)darihasilpenelitianditemukankondisijikagurudalamprosespembelajaranjarangmenggunakanmediaberbasisteknologimakadiharapkangurubisamemanfaatkanpenggunaanmediaberbasisteknologidanmemanfaatkanfasilitasdaripemerintahmelaluilamanbelajarkemendikbud.go.id(3)darihasilpenelitianditemukankondisijikagurukurangmenguasaimediapembelajaranberbasisteknologimakadiharapkanjurusansenidesainUniversitasNegeriMalangbisamembuatprogramuntukgurudalampembuatanmediapembelajaranberbasisteknologi(4)penelitianinitidakseluruhnyamengacupadateoriEdgarDale.TeoriEdgarDaleadalahklasifikasi11tingkatpengalamanbelajardariyangpalingkonkretsampaipalingabstrak.MakadiharapkanpenelitiselanjutnyabisamengembangkanpenelitiandenganmenjabarkanindikatorjenismediasesuaidenganteoriEdgarDale.