Pengembangan buku saku .... (liangci) sebagai penunjang pembelajaran gramatika mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Ridhotulfilla Apriliani Carera
Main Author: | Carera, Ridhotulfilla Apriliani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/72465/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANCareraRidhotulfillaApriliani.2019.PengembanganBukuSaku3732735789[Lingc]SebagaiPenunjangPembelajaranGramatikaMahasiswaProdiBahasaMandarinUniversitasNegeriMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanBahasaMandarinJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.PrimardianaHermiliaWijayatiM.Pd.(II)AigaVentivaniS.Pd.M.Pd.KataKuncibukusaku3732735789[Lingc]kuantifikasigramatika.Tujuanpenelitianadalahuntukmengembangkanbukusaku3732735789[lingc]sebagaibahanajardansumberbelajargramatikakuantifikasiataukatasatuanbilanganbahasaMandarin.BukusakudikembangkanuntukmahasiswaProdiBahasaMandarinUnivesitasNegeriMalang.Penelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembangan.ModelpengembanganyangdipakaiadalahmodelFivePhasesofIntructionalDesignolehCennamodanKalk(2005).Modeliniterdiridarilimatahappengembanganyakni(1)definisi(define)(2)desain(design)(3)peragaan(demonstrate)(4)pengembangan(develop)dan(5)penyajian(deliver).Instrumenyangdigunakanpenelitianiniadalahlembarangket.Lembarangketdiberikankepadaahlimateriahlimediadansubjekujicoba.Datayangtelahdikumpulkankemudiandianalisissecarakualitatifdankuantitatif.Teknikanalisiskualitatifdigunakanuntukmenganalisisdatakualitatifyangdidapatdariinstrumenangketvalidasibaikvalidasimaterimaupunmedia.Sementarateknikanalisiskuantitatifdigunakanuntukmenganalisisdataangkethasilujicoba.Hasilvalidasimaterivalidasimediaujicobaskalakecildanujicobaskalabesarmenunjukkanbahwabukusaku3732735789[lingc]memilikibeberapakelebihanyaitu(1)padabukusakuterdapat313732735789[lingc]yangtersebardariHSK1sampai4(2)penyajianmaterimenggunakantampilanperpaduanantarateksdangambar(3)tampilandalambukusakudibuatberwarna(4)ukuranbukusakuyangkecilmemudahkandalampenggunaannya(5)dilengkapilatihansoalsehinggadapatmemudahkansiswadalammemahamimateri(6)bukusakudapatdigunakansebagaibahanajarmateri3732735789[lingc]untukpembelajarangramatikakuantifikasiataukatasatuanbilanganbahasaMandarinyangsesuaidengancapaianHSKnyadan(7)bukusakudapatdigunakanmahasiswasebagaisumberbelajarmandirimateri3732735789[lingc]yangtidakdibatasiolehruangdanwaktu.Disampingkelebihantersebutbukusakuinimemilikikekuranganyaitu(1)materi3732735789[lingc]yangterbataspadaHSK1sampai4(2)ilustrasigambaryangdisediakandalambukutidakterlalubanyakdan(3)warnayangdigunakankurangcerah.Berdasarkanhasilvalidasidanujicobadapatdisimpulkanbahwabukusaku3732735789[lingc]sangatbaikdanlayakdigunakansebagaibahanajardansumberbelajargramatikakuantifikasiataukatasatuanbilanganbahasaMandarin.