Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM angkatan 2016 pada matakuliah Deutsch Auf B2-Niveau / Dyah Ayu Anggraini Hidayati

Main Author: Hidayati, Dyah Ayu Anggraini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/72431/
Daftar Isi:
  • RINGKASANHidayatiDyahAyuAnggraini.2019.PengaruhMinatBelajarterhadapPrestasiBelajarMahasiswaProdiPendidikanBahasaJermanUMAngkatan2016padaMatakuliahDeustchAufB2-Niveau.SkripsiJurusanSastraJermanFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDeddyKurniawanS.Pd.M.A.KataKuncipengaruhminatbelajarprestasibelajarmatakuliahDeustchAufB2-NiveauProdiPendidikanBahasaJerman.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmendeskripsikanpengaruhminatbelajarterhadapprestasibelajarmahasiswaProdiPendidikanBahasaJermanUMangkatan2016padamatakuliahDeustchAufB2-NiveausertamelihatminatbelajarterhadapprestasibelajarpadamatakuliahDeustchAufB2-Niveau.HasilpenelitianinidiharapkandapatmemberikansumbangsihdalampembelajaranbahasaJermansertamenambahwacanafaktor-faktoryangmemengaruhihasilbelajarmahasiswasecaraumum.Penelitianinidiharapkandapatmenjadidasaruntukmembuatmateriataumediauntukmemaksimalkanmetodepembelajarandanmeningkatkanminatbelajarmahasiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksplanatifasosiatif.Penelitianinimenggunakanangketdandokumentasisebagaiinstrumenpenelitian.Angketdigunakanuntukmemerolehdataminatbelajarmahasiswa.Dokumentasidigunakanuntukmemerolehdataprestasibelajarmahasiswa.AnalisisdatayangdigunakanadalahujivaliditasdanreliabilitasujiRegresiLinearSederhanadanujit.Ujitdilakukanuntukmengujihipotesisyangtelahdisimpulkanolehpeneliti.KesimpulandarihasilanalisisdatapadapenelitianiniadalahtidakterdapatpengaruhyangsignifikanantaraminatbelajarterhadapprestasibelajarmahasiswaProdiPendidikanBahasaJermanUMAngkatan2016padamatakuliahDeustchAufB2-Niveau.Minatbelajarberpengaruhsebesar660%terhadapprestasibelajarmahasiswapadamatakuliahDeustchAufB2-Niveaudan9340%lainnyadipengaruhiolehfaktor-faktorlainnya.