Pembelajaran maharah kalam pada program kursus bahasa arab spesial ramadhan di Pondok Pesantren Darul Lughah Wad Dirasatil Islamiyah Pamekasan - Madura / Mahbub Humaidi Aziz
Main Author: | Aziz, Mahbub Humaidi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/72242/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAzizMahbubHumaidi.2019.PembelajaranMaharahkalampadaProgramKursusBahasaArabSpesialRamadhandiPondokPesantrenDarulLughahWadDirasatilIslamiyahPamekasanMadura.Skripsi.JurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.M.SyatibiNawawiM.Pd.dan(2)Dr.MuhammadAlfanM.Pd.KataKunciPembelajaranmaharahkalamprogramkursusefektivitasefisiensiPenelitiantentangpembelajaranmaharahkalampadaprogramkursusbahasaArabspesialRamadhandiPondokPesantrenDarulLughahWadDirasatilIslamiyah(PPDLWI)PamekasanMadurainimenarikuntukdikajikarenaprograminidapatmenjadikanpesertanyamampuberbicarabahasaArabdalam21harisesuaitingkatanmasing-masingyaitumubtadimutawassithdanmutaqaddim.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)prosespembelajaranmaharahkalamdarisegimaterimetodemediadanevaluasi(2)efektivitasdan(3)efisiensipembelajaranmaharahkalampadaprogramkursusbahasaArabspesialRamadhandiPPDLWIPamekasanMadura.Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdankuantitatif.Jenispenelitiankualitatifyangdigunakanadalahstudikasus.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaraangketdandokumentasi.Datakualitatifdianalisismenggunakanmetodedeskriptifsedangkandatakuantitatifmenggunakanstatistiksederhanayangterdiriatastahappersiapantabulasidanpengolahandata.Hasilpenelitianiniadalah(1)prosespembelajaranmaharahkalamterdiriatasa)materipadatingkatmubtaditentangaktivitassehari-haritingkatmutawassithmempelajaritentangaktifitasdihariliburdankegiatandibulanRamadhandanpadatingkatmutaqaddimmempelajaritentangaktifitasekonomikebahasaanpolitikdanolahragab)metodepembelajaranpadatingkatmubtadimutawassithdanmutaqaddimmenggunakanmetodelangsungc)mediapembelajaranyangdigunakanadalahpapantulisgambarlukisanfotoVCDLCDdanproyektorsedangkand)evaluasipembelajarannyaberbentukteslisan(2)efektivitaspembelajaranmaharahkalampadaprograminiadalahtingkatmubtadisebesar8733%(sangatefektif)tingkatmutawassithsebesar956%(sangatefektif)dantingkatmutaqaddimsebesar98%(sangatefektif)(3)Efisiensipembelajaranmaharahkalampadaprograminiadalahtingkatmubtadisebesar8825%(sangatefisien)tingkatmutawassithsebesar9088%(sangatefisien)dantingkatmutaqaddimsebesar9405%(sangatefisien).Kesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajaranmaharahkalampadaprograminiterbuktiefektifdanefisien.