Peningkatan hasil belajar PKn materi Lembaga Pemerintahan Pusat melalui model mind mapping kelas IV SDN Plosokerep 02 Kota blitar / Stalis Ida Fitria
Main Author: | Fitria, Stalis Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/70683/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitriaIdaStalis.2016PeningkatanHasilBelajarPKnMateriLembagaPemerintahanPusatMelaluiModelMindMappingKelasIVSDNPlosokerep02KotaBlitar.SkripsijurusankependidikansekolahdasardanprasekolahprogramstudisarjanapendidikangurusekolahdasarFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.WidayatiM.H(2)SuwartiS.PdM.Pd.KataKuncihasilbelajarPKnmindmappingBerdasarkanhasilobservasiawaldalamprosespembelajaranPKndikelasIVSDNPlosokerep02KotaBlitarpadamaterilembagapemerintahantingkatpusatterdapatpermasalahanyangmunculgurulebihmendominasidenganmenggunakanmodelkonvensional.Gurudalampembelajarankurangbisamemanfaatkanmediadanmodeluntukmemancingsiswadalammengembangkanpemahamanterhadapmateriyangdiberikan.SehinggasiswakurangaktifdanberdampakpadahasilbelajarsiswayangmenunjukkanhasilbelajarsiswakelasIVmasihdibawahKKM.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskipsikanpenerapanmodelMindMappingmatapelajaranPKnpadasiswakelasIVSDNPlosokerep02KecamatanSananwetanKotaBlitar(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmatapelajaranPKnpadasiswakelasIVSDNPlosokerep02KecamatanSananwetanKotaBlitarmelaluimodelMindMapping.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianadalahpendekatankualitatif.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam2siklusselama4kalipertemuan.Setiapsiklusdilaksanakanmelalui4tahapyaituperencanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianiniyaitugurudansiswakelasIVSDNPlosokerep02KotaBlitaryangberjumlah23siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaituobservasiwawancaratescatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilaktivitasgurudenganmenerapkanmodelMindMappingpadasiklusIaktivitasgurumencapai85%danpadasiklusIIjumlahmeningkatmenjadi97%.SedangkanhasilaktivitassiswadenganmenerapkanmodelMindMappingpadasiklusIaktivitassiswamencapai70%danpadasiklusIIjumlahmeningkatmenjadi95%.HasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelMindMappingpadasiswakelasIVSDNPlosokerep02yaitupadatahappratindakanketuntasansiswamencapai26%danpadasiklusIhasilbelajarsiswamenjadi45%danpadasiklusIIjumlahmeningkatmenjadi95%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapembelajaranPKnmelaluimodelpembelajaranMindMappingdapatmeningkathasilbelajarsiswa.ModelpembelajaranMindMappingdapatditerapkanguruuntukmemperbaikipembelajaranPKnagarmenjadilebihbaik.