Peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas IV di SD Negeri Blitar / Alifta Fitri Ramadhani

Main Author: Ramadhani, Alifta Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/70651/
Daftar Isi:
  • RINGKASANRamadhaniAliftaFitri.2019.PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriFPBDanKPKMelaluiModelMissouriMathematicsProject(MMP)PadaKelasIVSDNegeriBlitar.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)YuniawatikaS.Pd.M.Pd.(II)Prof.Dr.M.ZainuddinM.PdKataKunciHasilBelajarFPBdanKPKMMPHasilobservasidanwawancarayangdilakukandikelasIVSDNegeriBlitardiketahuibahwa(1)dalamkegiatanpembelajaransiswahanyadudukmengerjakandanmengumpulkan(2)siswajarangdikenalkandenganmediapembelajaran(3)siswahanyamendengarkanpenjelasandarigurukarenametodeyangdigunakanadalahmetodeceramah(4)gurujugabelumpernahmenggunakanmodelpembelajaran(5)minatsiswaterhadapmatapelajaranMatematikarendahditandaidari35siswayangmendapatnilaimencapaiKKMadalah11siswadansiswalainnyabelummencapaiKKM(880570).BerdasarkanpermasalahantersebutmakaperluadanyasolusiuntukmemecahkankesenjanganiniyaitudenganmenerapkanmodelpembelajaranMMP.Tujuandaripenelitianiniyaituuntuk(1)mengetahuipenerapanmodelMMPpadasiswakelasIVSDNegeriBlitardan(2)mengetahuimodelMMPdapatmeningkatkanhasilbelajarMatematikamateriFPBdanKPKpadasiswakelasIVSDNegeriBlitar.PenelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatifdenganrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Pelaksanaanyadilakukanmelalui2siklusdenganmasing-masingsiklusterdapat2kalipertemuandansetiappertemuanterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Teknikpengumpulandatayangdilakukanmenggunakanteknikobservasitescatatanlapangandandokumentasi.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdatakualitatifyangmeliputireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpersentaseaktivitasgurusebesar8791%padasiklusIdanpadasiklusIImeningkatmenjadi100%.HasilpersentaseskoraktivitassiswasiklusIsebesar79%meningkatmenjadi9718%padasiklusII.SedangkanhasilpersentaseranahpengetahuanpadasiklusImencapai6970%danmenjadi8857%padasiklusII.HalinimembuktikanbahwapenerapanmodelMMPdapatmeningkatkankeaktifansiswakepercayaandirisiswamengasahkreativitassiswadanmemudahkansiswadalammemahamimateri.BerdasarkanuraiandiatasdapatdisimpulkanbahwapembelajaranpadamateriFPBdanKPKyangtelahdilaksanakanpadasiklusIdanIImenunjukkanadanyapeningkatanaktivitasyangdilakukanolehgurudansiswadalammenerapkanmodelMMP.BerdasarkandatatersebutdapatdisimpulkanbahwamodelMMPdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamateriFPBdanKPKpadasiswakelasIVSDNegeriBlitardandisarankanapabilaguruinginmeningkatkanhasilbelajarMatematikadapatmenerapkanmodelMMP.