Peningkatan hasil belajar siswa kelas V materi volume bangun ruang melalui model pembelajaran open ended di SDN Turi 01 Kota Blitar / Indana Zulfa
Main Author: | Zulfa, Indana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/70639/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANZulfaIndana.2019.PeningkatanHasilBelajarSiswaKelasVMateriVolumeBangunRuangMelaluiModelPembelajaranOpenEndeddiSDNTuri01KotaBlitar.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)YuniawatikaS.Pd.M.Pd.(II)Dra.LilikBintartikM.Pd.KataKuncihasilbelajarvolumebangunruangmodelOpenEnded.Matematikamerupakanilmupengetahuanyangsangatpentinguntukdipelajaridankonsepmatematikadapatdigunakandalamkehidupansehari-hari.BerdasarkanhasilobservasidikelasVSDNTuri01KotaBlitardiketahuibahwasebanyak27siswa(79%)mendapatkannilaidibawahKKMyangtelahditentukansekolahyaitu70.Halinidisebabkansiswabelummemahamikonsepvolumebangunruangmenentukanvolumebangunruangdanbelumbisamenerapkanrumuskedalamsoal.Penelitianinibertujuanuntuk(1)menjelaskanpenerapanmodelpembelajaranOpenEndeddalammeningkatkanhasilbelajarmaterivolumebangunruang(2)menjelaskanpeningkatanhasilbelajarsiswamaterivolumebangunruangmelaluipenerapanmodelpembelajaranOpenEnded.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Pengumpulandatamenggunakanteknikwawancaraobservasitescatatanlapangandandokumentasi.SubjekdaripenelitianadalahsiswakelasVsebanyak34siswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuangurudalammenerapkanmodelpembelajaranOpenEndedmengalamipeningkatandaribaikmenjadisangatbaik.Peningkatanpersentasekemapuangurudari80%menjadi94%.Kemampuansiswadalammengikutikegiatanpembelajaranjugamengalamipeningkatandaricukupmenjadisangatbaik.Peningkatanpersentasekemampuansiswadari74%menjadi92%.PenerapanmodelpembelajaranOpenEndedjugamengingkatkanhasilbelajarsiswa.Hasilbelajarpengetahuansiswaberdasarkannilairata-ratayangdiperolehmengalamipeningkatandaricukup(73)menjadibaik(84).Sedangkansecaraklasikalpersentaseketuntasanbelajarmengalamipeningkatandari605%dengankriteriakurangmenjadi91%dengankriteriasangatbaik.Hasilbelajarketerampilansiswadalammenyelesaikanmasalahterbukasecaramandirimengalamipeningkatandarisangatkurang(575%)menjadibaik(865%).BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranOpenEndedyangdilaksanakangurudandiikutisiswadengansangatbaikdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNTuri01KotaBlitarpadamaterivolumebangunruang.UntukitudiharapkangurudapatmenerapkanmodelpembelajaranOpenEndedinidalampembelajaranmatematikaagarketerlaksanaanpembelajarandanhasilbelajarsiswadapatlebihoptimal.