Penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan pembelajaran siswa pada materi pecahan kelas III SDN Karangbesuki 2 Kota Malang / Rihwatus Setya Dewi

Main Author: Dewi, Rihwatus Setya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/70637/
Daftar Isi:
  • RINGKASANDewiRihwatusSetya.2019.PenerapanModelContextualTeachingandLearning(CTL)UntukMeningkatkanPembelajaranSiswaPadaMateriPecahanKelasIIISDNKarangbesuki2KotaMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HeruAgusTriWidjajaM.Pd.(II)YuliaLinguistikaS.Pd.M.Ed.KataKunciModelContextualTeachingandLearning(CTL)PembelajaranPecahanMeninjaupermasalahanyangditemukanpenelitidikelasIIISDNKarangbesuki2KotaMalangsepertigurukurangmenerapkanmodelpembelajaranyangsesuaidengankehidupansehari-harisiswasehinggaberdampakpadaaktivitassiswadanhasilbelajarsiswamakapenelitimenggunakanmodelContextualTeachingandLearning(CTL)untukmengatasinya.PenelitianinibermaksuduntukmendeskripsikanaktivitasguruaktivitassiswasertahasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelContextualTeachingandLearning(CTL)dalampembelajaranmatematikadikelasIIISDNKarangbesuki2KotaMalangkhususnyamateripecahan.SubjekpenelitianiniyaitusiswakelasIIISDNKarangbesuki2KotaMalangdenganjumlah26siswa.Pendekatandalampenelitianiniyaitumixmethods(campuran)denganmenggabungkanantarametodekualitatifdankuantitatifsecarabersama-samadalamwaktuyangsamadenganjenispenelitianyaituPenelitanTindakanKelas(PTK).Datadalampenelitianinidikumpulkandenganmenggunakanteknikobservasitestulisdandokumentasi.Hasilpenelitianiniyaitu(1)terjadipeningkatanaktivitasgurupadakeseluruhanpertemuanyaitudari5555%menjadi8889%(2)peningkatanaktivitassiswajugaterjadipadasetiappertemuanyaitudari3888%menjadi7778%(3)peningkatanpadahasilbelajarsiswayangdiperolehdaripenilaian3aspekyaituaspeksikap(afektif)psikomotorik(keterampilan)dankognitif(pengetahuan)denganpersentaseketuntasanbelajarklasikalsiswadari5769%menjadi9230%.KesimpulandaripenelitianiniyaitudenganpenerapanmodelContextualTeachingandLearning(CTL)dapatmeningkatkanpembelajaransiswapadamateripecahankelasIIISDNKarangbesuki2KotaMalang.OlehkarenaitugurusebaiknyamenggunakanmodelpembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL)sebagaisalahsatumodelpembelajaranyangdapatmembantusiswabelajarsecarabermaknayangmengaitkanmateridengankehidupannyatasiswa.