Pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar / Aris Sugiharti
Main Author: | Sugiharti, Aris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/70634/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANSugihartiAris.2019.PengaruhModelPembelajaranCRH(CourseReviewHoray)terhadapHasilBelajarPesertaDidikKelasVSekolahDasar.Skripsi.PendidikanGuruSekolahDasarKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Drs.SuhartonoS.PdM.Pd.(II)PuriSelfiCholifahS.PdM.Pd.KataKunciModelPembelajaranCRH(CourseReviewHoray)HasilBelajarPembelajaranpadakurikulum2013dilaksanakandenganpendekatantematikterpadu(integratif).Pembelajarandenganpendekatantematikterpadu(integratif)diSDberpusatpadapesertadidikagarpesertadidikaktifdalampembelajaran.Pembelajaranyangmembuatpesertadidikaktifjugadapatmembuatpesertadidikmenjaditermotivasiuntukbelajar.Pesertadidikyangtermotivasiuntukbelajarakantertarikdenganberbagaitugasbelajarmenunjukkanketekunantinggidanvariasiaktivitasbelajarnyajugalebihbanyak.Sehinggapesertadidikyangaktifdalampembelajarannantinyaakandapatmempengaruhihasilbelajarnya.Penerapanmodelpembelajaranyangmenyenangkandaninteraktifmerupakansalahsatucaraagarpesertadidikaktifdantermotivasidalampembelajaran.ModelpembelajaranCRH(CourseReviewHoray)adalahcontohmodelpembelajaranyangdapatmembuatpesertadidikberpartisipasiaktifdantermotivasiuntukbelajarsehinggaakandapatmempengaruhihasilbelajarnya.PenelitianterdahuluyangdilakukanolehHermawan(2012)denganjudulPengaruhModelKooperatifTipeCourseReviewHoray(CRH)terhadapHasilBelajarIPAmenunjukkanhasilbahwahasilbelajarIPAsiswakelasIVSDse-GugusR.AKartiniKemusuBoyolaliTahunAjaran2012/2013yangdiajardenganmenggunakanmodelkooperatiftipeCourseReviewHoray(CRH)lebihbaik.BerbedadenganpenelitianyangdilakukanolehMuhandaz(2018)denganjudulPengaruhModelPembelajaranCourseReviewHorayterhadapKemampuanPemahamanKonsepMatematisBerdasarkanKemandirianBelajarSiswaSMKPekanbarumenunjukkanhasilbahwatidakterdapatperbedaanantarakelaseksperimenyangbelajardenganmenggunakanmodelCourseReviewHoraydengankelaskontrolyangbelajardenganmenggunakanpembelajarankonvensional.AdanyaperbedaanhasilpenelitiantersebutmakalayakuntukdilakukanpenelitiansejenistentangpengaruhpenerapanmodelpembelajaranCRH(CourseReviewHoray).TujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuiadaatautidaknyapengaruhmodelpembelajaranCRH(CourseReviewHoray)terhadaphasilbelajarpesertadidik.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitiankuasieksperimen.SubjekpenelitiandalampenelitianiniadalahpesertadidikkelasVSekolahDasar.Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusoaltesyangterdiridarisoalpre-testdansoalpost-test.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaitutekniktes.Analisisdatadilakukansetelahmendapatkanbeberapadata.Analisisdatadalampenelitianiniviimenggunakananalisisstatistikuji-tuntukmengujisignifikansiperbedaanhasilbelajarpesertadidikantarapembelajaranyangmenerapkanmodelpembelajaranCRH(CourseReviewHoray)denganpembelajaranyangtidakmenerapkanmodelpembelajaranCRH(CourseReviewHoray).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwarata-ratanilaipre-testdanpost-testpadakelaseksperimenlebihtinggidibandingkankelaskontrol.Haltersebutditunjukkandenganrata-ratanilaipre-testkelaseksperimenyaitu584sedangkanrata-ratanilaipre-testkelaskontrolyaitu566.Selanjutnyarata-ratanilaipost-testkelaseksperimenyaitu7477sedangkanrata-ratanilaipost-testkelaskontrolyaitu6045.Berdasarkanhasilpengujianhipotesisdenganmenggunakanuji-tdapatdiketahuibahwanilaiSig(2-tailed)0000.SesuaidengankriteriapengujianhipotesisdenganIndependetsamplet-testbahwajikanilainilaiSig(2-tailed)615000.05makaHoditolak.KesimpulanpenelitianiniyaituadapengaruhpenerapanmodelpembelajaranCRH(CourseReviewHoray)terhadaphasilbelajarpesertadidik.ModelpembelajaranyangmenyenangkansepertimodelpembelajaranCRH(CourseReviewHoray)sebaiknyaditerapkandalampembelajarandikelaskarenadapatmemberikanmotivasidanmeningkatkankeaktifanpesertadidiksehingganantinyaakandapatmempengaruhihasilbelajarnya.