Peningkatan hasil belajar sumber daya alam melalui model TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar / Asnaul Lailina Nikmatuz Zahrok
Main Author: | Zahrok, Asnaul Lailina Nikmatuz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/70533/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKZahrokAsnaulLailinaNikmatuz.2019.PeningkatanHasilBelajarSumberDayaAlamMelaluiPenerapanModelTGT(TeamsGamesTournament)padaSiswakelasIV-ASDNPakunden1KotaBlitar.Skripsi.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SuminahS.PdM.Pd(2)YuniawatikaS.PdM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajarsumberdayaalammodelpembelajaranTeamsGamsTournamentObservasiyangdilakukanpenelitidikelasIV-ASDNPakunden1KotaBlitarmenunjukkanbahwa(1)tidakditerapkannyametodemaupunmodelpembelajaranyangbervariasi(2)kurangmaksimalnyapemanfaatanmediapembelajaran(3)siswapasifdankurangterlibatdalampembelajaran(4)tidakadanyareinforcement(5)hasilbelajarsiswapadamaterisumberdayaalammasihrendahyaituhanyaterdapat5dari21siswayangtuntasdalampembelajaranatausebesar24%.SolusiuntukpermasalahantersebutadalahdenganditerapkannyamodelpembelajaranTGT.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapandanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamaterisumberdayaalam.JenisPenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.Penelitiandilaksananakanselama2siklusdengantahapanmasing-masingsiklusadalah(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Teknikpengumpuldatayangdigunakanadalahteknikobservasitesdokumentasiwawancaradancatatanlapangan.DatadianalisismelaluikegiatanreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulanHasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTGTdilaksanakandengansangatbaikolehgurudansiswa.PersentaseaktivitasgurupadasiklusIadalah84%dengankategoribaikdanmeningkatpadasiklusIImenjadi100%dengankategorisangatbaik.SiswaaktifdanantusiasdalammengikutisetiaptahapanpadamodelpembelajaranTGT.Terdapatpeningkatanpadahasilbelajarsiswa.KetuntasanbelajarklasikalpadasiklusIsebesar50%danmeningkatmenjadi89%padasiklusII.KesimpulannyamodelpembelajaranTGTtelahdilaksanakandengansangatbaikolehgurumaupunsiswasertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIV-ASDNPakunden1KotaBlitar.UntukitudalammenerapkanmodelpembelajaranTGTguruhendaknyamampumengkondisikankelasdenganbaikmemberikanperhatianlebihkepadasiswadalamkegiatankelompokdanturnamensertamempertimbangkanwaktupelaksanaansetiaptahapanmodelpembelajaranTGT(TeamGameTournament)khususnyadalamkegiatanturnamenkarenamembutuhkanwaktuyanglebihbanyak.