Peningkatan hasil belajar sumber daya alam melalui model TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas IV-A SDN Pakunden 1 Kota Blitar / Asnaul Lailina Nikmatuz Zahrok

Main Author: Zahrok, Asnaul Lailina Nikmatuz
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/70533/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKZahrokAsnaulLailinaNikmatuz.2019.PeningkatanHasilBelajarSumberDayaAlamMelaluiPenerapanModelTGT(TeamsGamesTournament)padaSiswakelasIV-ASDNPakunden1KotaBlitar.Skripsi.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)SuminahS.PdM.Pd(2)YuniawatikaS.PdM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajarsumberdayaalammodelpembelajaranTeamsGamsTournamentObservasiyangdilakukanpenelitidikelasIV-ASDNPakunden1KotaBlitarmenunjukkanbahwa(1)tidakditerapkannyametodemaupunmodelpembelajaranyangbervariasi(2)kurangmaksimalnyapemanfaatanmediapembelajaran(3)siswapasifdankurangterlibatdalampembelajaran(4)tidakadanyareinforcement(5)hasilbelajarsiswapadamaterisumberdayaalammasihrendahyaituhanyaterdapat5dari21siswayangtuntasdalampembelajaranatausebesar24%.SolusiuntukpermasalahantersebutadalahdenganditerapkannyamodelpembelajaranTGT.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapandanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamaterisumberdayaalam.JenisPenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.Penelitiandilaksananakanselama2siklusdengantahapanmasing-masingsiklusadalah(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Teknikpengumpuldatayangdigunakanadalahteknikobservasitesdokumentasiwawancaradancatatanlapangan.DatadianalisismelaluikegiatanreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulanHasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTGTdilaksanakandengansangatbaikolehgurudansiswa.PersentaseaktivitasgurupadasiklusIadalah84%dengankategoribaikdanmeningkatpadasiklusIImenjadi100%dengankategorisangatbaik.SiswaaktifdanantusiasdalammengikutisetiaptahapanpadamodelpembelajaranTGT.Terdapatpeningkatanpadahasilbelajarsiswa.KetuntasanbelajarklasikalpadasiklusIsebesar50%danmeningkatmenjadi89%padasiklusII.KesimpulannyamodelpembelajaranTGTtelahdilaksanakandengansangatbaikolehgurumaupunsiswasertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIV-ASDNPakunden1KotaBlitar.UntukitudalammenerapkanmodelpembelajaranTGTguruhendaknyamampumengkondisikankelasdenganbaikmemberikanperhatianlebihkepadasiswadalamkegiatankelompokdanturnamensertamempertimbangkanwaktupelaksanaansetiaptahapanmodelpembelajaranTGT(TeamGameTournament)khususnyadalamkegiatanturnamenkarenamembutuhkanwaktuyanglebihbanyak.