Pengembangan media CD interaktif subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Iqlima

Main Author: Iqlima
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/7011/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANIqlima.2019.PengembanganMediaCDInteraktifSubtemaIndahnyaKeragamanBudayaNegerikuuntukSiswaKelasIVdiSsekolahDasar.SkripsiProdiSI-PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumantoM.Pd(II)Dra.NihayatiS.Pd.M.PdKataKunciCDInteraktifIndahnyaKeragamanBudayaNegerikuKelasIVSDPembelajaranmerupakanprosesuntukmembantupesertadidikagardapatbelajardenganbaik.Dalampenyampaianmateripembelajarandibutuhkanalatperantaraataumediapembelajaran.BerdasarkananalisisbukusiswakelasIVdiSekolahDasarpadatema7indahnyakeragamandinegerikusubtema2indahnyakeragamanbudayanegerikumasihmembutuhkanmediaselainbukusiswa.Sertaberdasarkanhasilobservasiterhadapguruditemkanbahwagurukurangmemanfaatkanfasilitaslaboratoriumkomputerdenganmaksimal.Tujuannyayaitu(1)menghasilkanmediaCDInteraktifsubtemaindahnyakeragamanbusayanegerikuyangvalidmenurutahlimediaahlimateridanguru(2)menghasilkanmediaCDInteraktifyangefektif(3)menghasilkanmediaCDInteraktifyangmenarik.ModelyangdigunakandalampenelitiandanpengembanganiniyaitumodifikasimodelDickandCareydengan9langkah.Adapunlangkah-langkahtersebutyaituanalisiskebutuhananalisispembelajarananalisiskarakteristiksiswadankonteksmemilihKDdanmengembangkanindikatormengembangkaninstrumenpenilaianmengembangkanRPPmatriksmembuatprodukevaluasiformatifrevisiprodukujilapangansertaprodukakhiryangberupamediaCDInteraktifSubtemaIndahnyaKeragamanBudayaNegerikudanbukupetunjukpenggunaan.Hasilprodukyangdikembangkanyaitupembelajaran3mengenairumahadatpembelajaran4mengenaipakaianadatdanpembelajaran5mengenaitariandaerahdantarikreasi.SetiappembelajarandilengkapidenganteksgambarsimbolanimasivideogameyangdimainkansecaralangsungmaupunyangdimainkandalamCDlatihansoal(benar-salah)sertasoalevaluasi.Hasilyangdiperolehdariprosesevaluasiformatifhinggaujilapanganyaituskorrata-ratayangdidapatkandarivalidasiahlimateriuntukpembelajaran34dan5yaitu9172%sedangkanpadaahlimediayaitu9191%danahlilapangan(guru)mendapatkanskorrata-rata8416%.Yangdapatdikategorikanproduksangatvalid.Adapunhasildaripemberianpretestpadapemebelajaran3yaitu60sedangkanposttest7769.Padapembelajaran4nilaipretestyaitu376danposttest7521.Sedangkanpadapembelajaran5nilairata-ratapretestsebesar457danposttestmencapai7739sertaujikemenarikanyangmencapai783%.MediaCDInteraktifsubtemaindahnyakeragamanbudayanegerikusangatsiapdigunakandalampembelajaran.MediaCDInteraktifinitelahdirevisiberdasarkansarandankomentarahli.SaranpemanfaatanprodukmediaCDInteraktifuntukselanjutnyayaitudapatdimanfaatkanolehgurukarenaterdapatbeberapahalyangtidakterdapatdalambukusiswasepertivideogambaranimasidll.