Peningkatan hasil belajar materi hak, kewajiban dan tangung jawab melalui model problem based learning pada siswa kelas V SDN 1 Kerjo Trenggalek / Irma Dwi Utami
Main Author: | Utami, Irma Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/7001/ |
Daftar Isi:
- viABSTRAKUtamiIrmaDwi.2019.PeningkatanHasilBelajarMateriHakKewajibandanTanggungJawabSebagaiMasyarakatMelaluiModelProblemBasedLearningpadaSiswaKelasVSDN1KerjoKabupatenTrenggalek.SkripsiProdiS1-PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SuhelMadyonoS.PdM.Pd(II)Dra.SriMurdiyahM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajarhakkewajibantanggungjawabmodelPBLHasilobservasiyangdilakukandikelasVSDN1KerjoterdapatpermasalahandalampelaksanaanpembelajaranPKnantaralain1)aktivitasgurudalampembelajaranmasihbersifatkonvensional(2)siswabelumterlibataktifdalamprosespembelajaran(3)gurubelummenerapkankegiatanbelajarkelompokdan(4)hasilbelajarsiswapadakegiatanpratindakandari16siswaterdapat6siswayangmendapatkannilaidiatasKKM.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelPBLpadaprosespembelajaranPKnmaterihakkewajibandantanggungjawab(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnmaterihakkewajibandantanggungjawabmenggunakanmodelPBL.Pendekatanyangdigunakanadalahkualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Penelitiandilaksanakan2siklusyangterdiridari4tahapanpadasetiapsiklusnyayangmeliputiperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVSDN1KerjoKabupatenTrenggaleksebanyak16siswa.HasilpenelitianmenunjukkandenganmenerapkanmodelPBLterjadipeningkatanaktivitasgurudansiswasertapeningkatanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIpersentaseaktivitasgurusebesar944%danmeningkatpadasiklusIImenjadi100%.SedangkanaktivitassiswapadasiklusIsebesar867%danmeningkatpadasiklusIImenjadi961%.SedangkanpadahasilbelajaraspekpengetahuansiswapadasiklusIsebesar5625%danmeningkatpadasiklusIImenjadi87%.KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanmodelPBLdapatmeningkatkanaktivitasgurudanaktivitassiswasertahasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnmaterihakkewajibandantanggungjawabpadasiswakelasVSDN1KerjoKabupatenTrenggalek.OlehsebabitudisarankanuntukgurudapatmenerapkanmodelPBLdalampembelajaransebagaisalahsatualternatifdalamupayapeningkatanhasilbelajarsiswa.