Peningkatan hasil belajar materi hak, kewajiban dan tangung jawab melalui model problem based learning pada siswa kelas V SDN 1 Kerjo Trenggalek / Irma Dwi Utami

Main Author: Utami, Irma Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/7001/
Daftar Isi:
  • viABSTRAKUtamiIrmaDwi.2019.PeningkatanHasilBelajarMateriHakKewajibandanTanggungJawabSebagaiMasyarakatMelaluiModelProblemBasedLearningpadaSiswaKelasVSDN1KerjoKabupatenTrenggalek.SkripsiProdiS1-PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SuhelMadyonoS.PdM.Pd(II)Dra.SriMurdiyahM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajarhakkewajibantanggungjawabmodelPBLHasilobservasiyangdilakukandikelasVSDN1KerjoterdapatpermasalahandalampelaksanaanpembelajaranPKnantaralain1)aktivitasgurudalampembelajaranmasihbersifatkonvensional(2)siswabelumterlibataktifdalamprosespembelajaran(3)gurubelummenerapkankegiatanbelajarkelompokdan(4)hasilbelajarsiswapadakegiatanpratindakandari16siswaterdapat6siswayangmendapatkannilaidiatasKKM.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelPBLpadaprosespembelajaranPKnmaterihakkewajibandantanggungjawab(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnmaterihakkewajibandantanggungjawabmenggunakanmodelPBL.Pendekatanyangdigunakanadalahkualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Penelitiandilaksanakan2siklusyangterdiridari4tahapanpadasetiapsiklusnyayangmeliputiperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVSDN1KerjoKabupatenTrenggaleksebanyak16siswa.HasilpenelitianmenunjukkandenganmenerapkanmodelPBLterjadipeningkatanaktivitasgurudansiswasertapeningkatanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIpersentaseaktivitasgurusebesar944%danmeningkatpadasiklusIImenjadi100%.SedangkanaktivitassiswapadasiklusIsebesar867%danmeningkatpadasiklusIImenjadi961%.SedangkanpadahasilbelajaraspekpengetahuansiswapadasiklusIsebesar5625%danmeningkatpadasiklusIImenjadi87%.KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanmodelPBLdapatmeningkatkanaktivitasgurudanaktivitassiswasertahasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnmaterihakkewajibandantanggungjawabpadasiswakelasVSDN1KerjoKabupatenTrenggalek.OlehsebabitudisarankanuntukgurudapatmenerapkanmodelPBLdalampembelajaransebagaisalahsatualternatifdalamupayapeningkatanhasilbelajarsiswa.