Peningkatan hasil belajar menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar / Umi Fadhilah
Main Author: | Fadhilah, Umi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6997/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANFadhilahUmi.2019.PeningkatanHasilBelajarMenemukanIdePokokParagrafMelaluiModelCooperativeIntegratedReadingAndCompositionpadaSiswaKelasIVSDNResapombo03KabupatenBlitar.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SutansiM.Pd(II)Prof.Dr.H.M.ZainuddinM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajaridepokokparagrafmodelCIRCHasilobservasiyangdilakukandikelasIVSDNResapombo03KabupatenBlitarpadasaatpratindakanmenunjukkanhasilbelajarsiswamatamuatanBahasaIndonesiamasihrendah.Rendahnyaperolehantersebutkarenagurutidakmenjelaskansecararincimateripembelajarangurutidakmengajaksiswauntukmemahamiisibacaansehinggasiswakesulitanmenemukanidepokokdalambacaandanpembelajaranyangdilakukangurukurangmenarikbagisiswa.Haltersebutmengakibatkansiswakurangantusiasmengikutipembelajaran.PermasalahaninidapatdiatasidenganmenerapkanmodelpembelajaranCIRC.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelCIRCuntukmenemukanidepokokparagraf(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmenemukanidepokokparagrafmelaluipenerapanmodelCIRC.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitiandilaksanakan2siklusyangterdiridari4tahapanpadasetiapsiklusnyayangmeliputiperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatamenggunakanteknikwawancaraobservasitescatatanlapangandandokumentasi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNResapombo03KabupatenBlitarsebanyak19siswa.HasilpenelitianmenunjukkandenganmenerapkanmodelCIRCterjadipeningkatanaktivitasgurudansiswasertapeningkatanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIpersentaseaktivitasgurusebesar885%danmeningkatpadasiklusIImenjadi100%.SedangkanaktivitassiswapadasiklusIsebesar80%danmeningkatpadasiklusIImenjadi92%.SedangkanpadahasilbelajaraspekpengetahuansiswapadasiklusIsebesar74%danmeningkatpadasiklusIImenjadi945%.KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanmodelCIRCdapatmeningkatkanaktivitasgurudanaktivitassiswasertahasilbelajarsiswamaterimenemukanidepokokparagrafpadasiswakelasIVSDNResapombo03KabupatenBlitar.OlehsebabitudiharapkangurudapatmenerapkanmodelCIRCinisebagaisalahsatualternatifdalampembelajaranmuatanbahasaIndonesiaagarketerlaksanaanpembejarandanhasilbelajarsiswabisalebihoptimal.