Peningkatan hasil belajar menemukan ide pokok paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Resapombo 03 Kabupaten Blitar / Umi Fadhilah

Main Author: Fadhilah, Umi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/6997/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANFadhilahUmi.2019.PeningkatanHasilBelajarMenemukanIdePokokParagrafMelaluiModelCooperativeIntegratedReadingAndCompositionpadaSiswaKelasIVSDNResapombo03KabupatenBlitar.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SutansiM.Pd(II)Prof.Dr.H.M.ZainuddinM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajaridepokokparagrafmodelCIRCHasilobservasiyangdilakukandikelasIVSDNResapombo03KabupatenBlitarpadasaatpratindakanmenunjukkanhasilbelajarsiswamatamuatanBahasaIndonesiamasihrendah.Rendahnyaperolehantersebutkarenagurutidakmenjelaskansecararincimateripembelajarangurutidakmengajaksiswauntukmemahamiisibacaansehinggasiswakesulitanmenemukanidepokokdalambacaandanpembelajaranyangdilakukangurukurangmenarikbagisiswa.Haltersebutmengakibatkansiswakurangantusiasmengikutipembelajaran.PermasalahaninidapatdiatasidenganmenerapkanmodelpembelajaranCIRC.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelCIRCuntukmenemukanidepokokparagraf(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmenemukanidepokokparagrafmelaluipenerapanmodelCIRC.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitiandilaksanakan2siklusyangterdiridari4tahapanpadasetiapsiklusnyayangmeliputiperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatamenggunakanteknikwawancaraobservasitescatatanlapangandandokumentasi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasIVSDNResapombo03KabupatenBlitarsebanyak19siswa.HasilpenelitianmenunjukkandenganmenerapkanmodelCIRCterjadipeningkatanaktivitasgurudansiswasertapeningkatanhasilbelajarsiswa.PadasiklusIpersentaseaktivitasgurusebesar885%danmeningkatpadasiklusIImenjadi100%.SedangkanaktivitassiswapadasiklusIsebesar80%danmeningkatpadasiklusIImenjadi92%.SedangkanpadahasilbelajaraspekpengetahuansiswapadasiklusIsebesar74%danmeningkatpadasiklusIImenjadi945%.KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanmodelCIRCdapatmeningkatkanaktivitasgurudanaktivitassiswasertahasilbelajarsiswamaterimenemukanidepokokparagrafpadasiswakelasIVSDNResapombo03KabupatenBlitar.OlehsebabitudiharapkangurudapatmenerapkanmodelCIRCinisebagaisalahsatualternatifdalampembelajaranmuatanbahasaIndonesiaagarketerlaksanaanpembejarandanhasilbelajarsiswabisalebihoptimal.