Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Avitaruna Dwi Anggriawati
Main Author: | Anggriawati, Avitaruna Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6985/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAnggriawatiDwiAvitaruna.2019.AnalisisKetrampilanMenggunakanKataPenghubungdalamKaranganNarasiSiswaKelasVSDNKesatrian2KotaMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AhmadTaufiqM.Pd.(II)Dra.NihayatiS.PdM.PdKataKunciAnalisiskatapenghubungkarangannarasiKarangannarasimerupakankaranganyangdidalamnyamenyampaikanataumenceritakanrangkaianperistiwaataupengalamanmanusiayangterjadidalamsuaturangkaianwaktu.Menuliskarangannarasiperlumemperhatikantatabahasayangdigunakansalahsatunyakatapenghubung.Katapenghubungdibagimenjadi2macamyaitukatapenghubungkoordinatifdankatapenghubungsubordinatif.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenganalisisketrampilanmenggunakankatapenghubungmeliputikatapenghubungkoordinatifdankatapenghubungsubordinatifdalamkarangannarasisiswakelasVSDNKesatrian2KotaMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitianyangdigunakanyaitupenelitiandeskriptifyangbertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaankatapenghubungdalamkarangannarasi.Sumberdatadiperolehdarihasilkarangannarasisiswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaitupemberiantes.SubyekpenelitianyaitusiswakelasVSDNKesatrian2KotaMalangyangberjumlah39siswa.Ketrampilanmenggunakankatapenghubungsiswaditunjukkandenganjumlahkesalahanyangterdapatpadamasing-masingkategorikatapenghubung.Terdapatjumlahkesalahanpenggunaankatapenghubungkoordinatifyaitusebanyak194katapenghubungdari722katapenghubungkoordinatifdanjumlahkesalahandalampenggunaankatapenghubungsubordinatifyaitusebanyak33katapenghubungdari356katapenghubungsubordinatifyangditemukanpada34hasilkarangannarasisiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwatingkatketrampilansiswadalammenggunakankatapenghubungsubordinatiflebihtinggidibandingkandengantingkatketrampilansiswadalammenggunakankatapenghubungkoordinatif.Daripenelitianinibagikepalasekolahdiharapkandapatmenyediakanfasilitaspendukungdalampembelajaran.Bagigurudiharapkandapatmemperhatikanketrampilansiswadalammenggunakankatapenghubungterusmengingatkandanmembimbingsiswabilasiswamelakukankesalahandalammenggunakankatapenghubung.Penelitiselanjutnyajugadiharapkandapatmenambahkanaspekyangakanditelitiuntukmengetahuiketrampilansiswadalammenggunakankatapenghubung.