Analisis keterampilan menggunakan kata penghubung dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Kesatrian 2 Kota Malang / Avitaruna Dwi Anggriawati

Main Author: Anggriawati, Avitaruna Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/6985/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAnggriawatiDwiAvitaruna.2019.AnalisisKetrampilanMenggunakanKataPenghubungdalamKaranganNarasiSiswaKelasVSDNKesatrian2KotaMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AhmadTaufiqM.Pd.(II)Dra.NihayatiS.PdM.PdKataKunciAnalisiskatapenghubungkarangannarasiKarangannarasimerupakankaranganyangdidalamnyamenyampaikanataumenceritakanrangkaianperistiwaataupengalamanmanusiayangterjadidalamsuaturangkaianwaktu.Menuliskarangannarasiperlumemperhatikantatabahasayangdigunakansalahsatunyakatapenghubung.Katapenghubungdibagimenjadi2macamyaitukatapenghubungkoordinatifdankatapenghubungsubordinatif.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenganalisisketrampilanmenggunakankatapenghubungmeliputikatapenghubungkoordinatifdankatapenghubungsubordinatifdalamkarangannarasisiswakelasVSDNKesatrian2KotaMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitianyangdigunakanyaitupenelitiandeskriptifyangbertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaankatapenghubungdalamkarangannarasi.Sumberdatadiperolehdarihasilkarangannarasisiswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaitupemberiantes.SubyekpenelitianyaitusiswakelasVSDNKesatrian2KotaMalangyangberjumlah39siswa.Ketrampilanmenggunakankatapenghubungsiswaditunjukkandenganjumlahkesalahanyangterdapatpadamasing-masingkategorikatapenghubung.Terdapatjumlahkesalahanpenggunaankatapenghubungkoordinatifyaitusebanyak194katapenghubungdari722katapenghubungkoordinatifdanjumlahkesalahandalampenggunaankatapenghubungsubordinatifyaitusebanyak33katapenghubungdari356katapenghubungsubordinatifyangditemukanpada34hasilkarangannarasisiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwatingkatketrampilansiswadalammenggunakankatapenghubungsubordinatiflebihtinggidibandingkandengantingkatketrampilansiswadalammenggunakankatapenghubungkoordinatif.Daripenelitianinibagikepalasekolahdiharapkandapatmenyediakanfasilitaspendukungdalampembelajaran.Bagigurudiharapkandapatmemperhatikanketrampilansiswadalammenggunakankatapenghubungterusmengingatkandanmembimbingsiswabilasiswamelakukankesalahandalammenggunakankatapenghubung.Penelitiselanjutnyajugadiharapkandapatmenambahkanaspekyangakanditelitiuntukmengetahuiketrampilansiswadalammenggunakankatapenghubung.