Hubungan antara persepsi orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dengan motivasi menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD nonformal di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Fitri May Syaroh
Main Author: | Syaroh, Fitri May |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/69344/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSyarohFitriMay.2019.HubunganantaraPersepsiOrangTuaTentangPentingnyaPAUDDenganMotivasiMenyekolahkanAnaknyaKeLembagaPAUDNonformalDiDesaKebonagungKecamatanPakisajiKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ZulkarnainM.PdM.Si.(II)SopingiS.SosM.Pd.KataKuncipersepsiorangtuamotivasimenyekolahkanPAUDnonformalHalyangmelatarbelakangipenelitimelakukanpenelitiandilembagaPAUDdiDesaKebonagungKecamatanPakisajikarenaorangtuamemberikanpandangantentangartidanpentingnyapendidikananakusiadinihanyalahtempatbermain.OrangtuamasihberanggapanbahwajenjangpendidikanyangpalingdasaradalahSekolahDasar.Peranorangtuasangatpentingdalammemberikanpendidikananaksejakdinisudutpandangorangtuadalammemberikanpendidikananakberpengaruhterhadapmasadepananak.KebanyakanorangtuaberanggapanbahwamasukPAUDbiayanyalebihmahaldibandingkanmasukkesekolahdasar(SD).TetapimasyarakatberanggapanbahwaeksistensilembagaPAUDmasihrendahdancenderungdiabaikan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantarapersepsiorangtuatentangpentingnyaPendidikanAnakUsiaDinidenganmotivasimenyekolahkananaknyakelembagaPAUDnonformaldiDesaKebonagungKecamatanPakisajiKabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifkorelasionaldenganpopulasisebesar122orangdansampel93orang.Pengumpulandatamenggunakanstudidokumentasidanangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdeskriptifdananalisiskorelasirankspearman.Rancangandalampenelitianinidiawalidengantahapanalisisdeskriptifvariabelpersepsidanmotivasi.Analisisdeskriptifdilakukanuntukmengetahuimediandandistribusifrekuensivariabelpersepsidanmotivasi.Setelahitudilanjutkananalisiskorelasirankspearmanuntukhubunganvariabelpersepsidanmotivasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasepersepsiorangtuatentangpentingnyaPendidikanAnakUsiaDinisebesar67%yangtermasukdalamkategoritinggi.SedangkanpersentasemotivasiorangtuamenyekolahkananakkelembagaPAUDnonformalsebesar69%yangtermasukdalamkategoritinggi.SehinggaapabilanilaidarivariabelpersepsioragtuatentangpentingnyaPAUDsemakintinggimakanilaimotivasioranguamenyekolahkananakkelembagaPAUDjugasemakintinggi.Hasilujikorelasimenunjukkannilaikoefisienkorelasisebesar0615dengannilaisignifikansi0000005.JadidapatdisimpulkanbahwaadanyahubungansignifikanantarapersepsiorangtuatentangpentingnyaPendidikanAnakUsiaDinidenganmotivasimenyekolahkananakkelembagaPAUDnonformalyangbersifatpositif.