Motivasi belajar pada pelatihan pengolahan hasil pertanian di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Wonojati Singosari Malang / Dini Desita

Main Author: Desita, Dini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/69336/
Daftar Isi:
  • RINGKASANDesitaDini.2019.MotivasiBelajarPadaPelatihanKejuruanPengolahanHasilPertaniandiUnitPelaksanaTeknisBalaiLatihanKerjaWonojatiSingosariMalang.Skripsi.JurusanPendidikanLuarSekolah.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.M.IshaqM.Pddan(2)SopingiS.SosM.PdKatakuncimotivasibelajarpelatihanPengolahanHasilPertanian(PHP)UPTBLKWonojatiSingosariMalangPengolahanHasilPertanian(PHP)merupakansalahsatukejuruanyangberadadiUPTBLKWonojatiSingosariMalang.Pelatihanpadakejuruaniniditujukanbagimasyarakatyanginginmenambahmeningkatkanketerampilandanpengetahuandibidangpengolahanhasilpertanianterutamapembuatanroti.Ilmudarikejuruaninibersifatpraktisyangartinyailmutersebutdapatlangsungditerapkandalamkehidupansehari-harisehinggamenarikminatmasyarakatuntukmempelajariilmuPengolahanHasilPertanian.Dibalikminatmasyarakatterhadappelatihaniniterdapatmotivasiyangmendorongmasyarakatuntukmengikutipelatihanini.berkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaimotivasibelajarpadakejuruanPengolahanHasilPertanin.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmotivasibelajarintrinsikataumotivasiyangberasaldaridalamdirisendiridanmotivasiekstrinsikataumotivasiyangberasaldariluardiri.padakejuruanPengolahanHasilPertaniandiUPTBLKWonojatiSingosariMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisstudikasus.PenelitianinidilaksanakandilembagaUPTBLKWonojatiSingosariMalangtepatnyadiPHPpadaMaret2019.Sumberdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahpesertapelatihandaninstrukturpelatihan.Teknikpengumpulandatainidilakukandenganwawancarastudidokumentasidanobservasi.Analisisdatadilaksanakanmelaluitigatahapanyaitureduksidatapenyajiandatadanverifikasidatapengecekankeabsahandatadenganmenggunakantriangulasiteknikdantriangulasisumber.Berdasarkanhasilanalisisdatamendapatkankesimpulanyaitupertamamotivasiintrinsikyaitufaktorpersepsiawalpesertamengenaikejuruaniniminatpesertapelatihanuntukmengikutipelatihandanfaktorharapandimasayangakandatang.Keduayaitufaktorlembagadalammemberikaninformasimengenaikejuruaninisendirifaktorinstrukturpelatihandalampemberianmaterifaktorlingkungantempatbelajaryangkondusiffaktorfasilitaspelatihanyanglengkapfaktorkesesuaianmateridenganbayanganpesertasebelummengikutipelatihandanfaktorbahan-bahanyangdigunakandalampraktek.Saranyangdiberikankepadapihaklembagaterutamapihakkejuruanyaituuntuklebihmemperhatikankembalifasilitas-fasilitasyangdigunakanuntukkegiatanpelatihanbaikkegiatanpemberianmateriataupunkegiatanpraktek.