Motivasi belajar pada pelatihan pengolahan hasil pertanian di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Wonojati Singosari Malang / Dini Desita
Main Author: | Desita, Dini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/69336/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANDesitaDini.2019.MotivasiBelajarPadaPelatihanKejuruanPengolahanHasilPertaniandiUnitPelaksanaTeknisBalaiLatihanKerjaWonojatiSingosariMalang.Skripsi.JurusanPendidikanLuarSekolah.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.M.IshaqM.Pddan(2)SopingiS.SosM.PdKatakuncimotivasibelajarpelatihanPengolahanHasilPertanian(PHP)UPTBLKWonojatiSingosariMalangPengolahanHasilPertanian(PHP)merupakansalahsatukejuruanyangberadadiUPTBLKWonojatiSingosariMalang.Pelatihanpadakejuruaniniditujukanbagimasyarakatyanginginmenambahmeningkatkanketerampilandanpengetahuandibidangpengolahanhasilpertanianterutamapembuatanroti.Ilmudarikejuruaninibersifatpraktisyangartinyailmutersebutdapatlangsungditerapkandalamkehidupansehari-harisehinggamenarikminatmasyarakatuntukmempelajariilmuPengolahanHasilPertanian.Dibalikminatmasyarakatterhadappelatihaniniterdapatmotivasiyangmendorongmasyarakatuntukmengikutipelatihanini.berkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaimotivasibelajarpadakejuruanPengolahanHasilPertanin.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmotivasibelajarintrinsikataumotivasiyangberasaldaridalamdirisendiridanmotivasiekstrinsikataumotivasiyangberasaldariluardiri.padakejuruanPengolahanHasilPertaniandiUPTBLKWonojatiSingosariMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisstudikasus.PenelitianinidilaksanakandilembagaUPTBLKWonojatiSingosariMalangtepatnyadiPHPpadaMaret2019.Sumberdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahpesertapelatihandaninstrukturpelatihan.Teknikpengumpulandatainidilakukandenganwawancarastudidokumentasidanobservasi.Analisisdatadilaksanakanmelaluitigatahapanyaitureduksidatapenyajiandatadanverifikasidatapengecekankeabsahandatadenganmenggunakantriangulasiteknikdantriangulasisumber.Berdasarkanhasilanalisisdatamendapatkankesimpulanyaitupertamamotivasiintrinsikyaitufaktorpersepsiawalpesertamengenaikejuruaniniminatpesertapelatihanuntukmengikutipelatihandanfaktorharapandimasayangakandatang.Keduayaitufaktorlembagadalammemberikaninformasimengenaikejuruaninisendirifaktorinstrukturpelatihandalampemberianmaterifaktorlingkungantempatbelajaryangkondusiffaktorfasilitaspelatihanyanglengkapfaktorkesesuaianmateridenganbayanganpesertasebelummengikutipelatihandanfaktorbahan-bahanyangdigunakandalampraktek.Saranyangdiberikankepadapihaklembagaterutamapihakkejuruanyaituuntuklebihmemperhatikankembalifasilitas-fasilitasyangdigunakanuntukkegiatanpelatihanbaikkegiatanpemberianmateriataupunkegiatanpraktek.