Penggunaan Media Pop Up Book untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN I Gondanglegi Kulon / Tantyas Shilviana

Main Author: Shilviana, Tantyas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/6913/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKShilvianaTantyas.2018.PenggunaanMediaPopUpBookuntukMeningkatkanKeterampilanMenulisKaranganNarasiSiswaKelasVSDN1GondanglegiKulonSkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DimyatiS.PdM.Pd.(II)Dra.SukamtiM.Pd.KataKunciMediapopupbookKeterampilanmenulisSekolahDasarSDN1GondanglegiKulonmerupakansalahsatusekolahdasaryangterletakdiKabupatenMalangtepatnyadiKecamatanGondanglegi.Berdasarkanhasilobservasiyangditemukandisekolahtersebutdapatdikatakanbahwaperhatiandalammenjelaskandanmemahamiketerampilanmenuliskarangannarasiinikurangyangpadaakhirnyamemicukurangnyakemampuansiswadalammenuliskarangannarasi.Olehkarenaituperludilakukannyapeningkatanketerampilanmenuliskarangannarasisalahsatunyadenganpenggunaanmediapembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapembelajarandenganmenggunakanmediapopupbookuntukmeningkatkankemampuanmenuliskarangannarasipadasiswakelasVSDN1GondanglegiKulonbagaimanaaktivitassiswakelasVSDN1GondanglegiKulondalampembelajaranmenuliskarangannarasidenganmenggunakanmediapopupbookdanbagaimanakemampuanmenuliskarangannarasidenganmenggunakanmediapopupbookpadasiswakelasVSDN1GondanglegiKulon.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatandeskriptifkualitatif.Sedangkanrancanganpenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianiniyaitusiswakelasVSDN1GondanglegiKulonKecamatanGondanglegiKabupatenMalang.Pengumpulandatadilakukanmelaluiberupaobservasidokumentasitesdancatatanlapangan.Analisisdatamelaluipengumpulandatareduksidatadanpemaparan.Hasilpenelitianmenunjukkanterjadiperubahanaktivitasguru.pembelajaranmenuliskarangannarasitelahdilaksanakansesuaidenganRencanaPelaksanaanPembelajarandanurutanlangkah-langkahkegiatanyangtelahdibuatsebelumnya.Terbuktidarimunculnyalangkah-langkahmenyampaikanmateridenganmenggunakanmediapopupbookyangpadapratindakanbelumdisampaikandilaksanakanolehguru.Siswamenjadilebihaktifterlibatdalamtahap-tahappenuliskarangannarasiterlihatdarimeningkatnyarata-rataaktivitassiswayaitu755padasiklusIpertemuan1dengankualifikasibaiksiklusIpertemuan2805dengankualifikasisangatbaiksiklusIIpertemuan1895dengankualifikasisangatbaikdansiklusIIpertemuan2968dengankualifikasisangatbaik.begitujugadenganhasilketerampilanmenuliskaranganjugamengalamipeningkatan.Peningkatanhasilbelajardenganpenggunaanmediapopiiupbook.Nilairata-ratakelasmengalamipeningkatansetiapsiklus.Sebelummenggunakanmediapopupbooknilairata-ratakelas68denganketuntasanklasikalsebesar409%.Setelahmenggunakanmediapopupbooknilairata-ratapadasiklusInaikmenjadi707denganketuntasanklasikal545%.PadasiklusIInilairata-ratakelasmeningkatmenjadi795denganketuntasanklasikal864%.Penggunaanmediapopupbookjugameningkatkankeaktifansiswadalampembelajaran.Rata-ratakeaktifansiswapadasiklusIyaitu748termasukdalamkategoribaik.PadasiklusIIrata-ratakeaktifansiswayaitu802yangdikategorikansangatbaik.Darihasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediapopupbookdapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangansiswa.Selainitudapatmembuatsiswabersemangatdanaktifdalampembelajaran.Olehkarenaitugurudisarankanmenggunakanmediapembelajaranpopupbookkarenaselaindapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangannarasipenggunaanmediainidapatmembantusiswaaktifdalampembelajaran.