Penggunaan Media Pop Up Book untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN I Gondanglegi Kulon / Tantyas Shilviana
Main Author: | Shilviana, Tantyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6913/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKShilvianaTantyas.2018.PenggunaanMediaPopUpBookuntukMeningkatkanKeterampilanMenulisKaranganNarasiSiswaKelasVSDN1GondanglegiKulonSkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DimyatiS.PdM.Pd.(II)Dra.SukamtiM.Pd.KataKunciMediapopupbookKeterampilanmenulisSekolahDasarSDN1GondanglegiKulonmerupakansalahsatusekolahdasaryangterletakdiKabupatenMalangtepatnyadiKecamatanGondanglegi.Berdasarkanhasilobservasiyangditemukandisekolahtersebutdapatdikatakanbahwaperhatiandalammenjelaskandanmemahamiketerampilanmenuliskarangannarasiinikurangyangpadaakhirnyamemicukurangnyakemampuansiswadalammenuliskarangannarasi.Olehkarenaituperludilakukannyapeningkatanketerampilanmenuliskarangannarasisalahsatunyadenganpenggunaanmediapembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapembelajarandenganmenggunakanmediapopupbookuntukmeningkatkankemampuanmenuliskarangannarasipadasiswakelasVSDN1GondanglegiKulonbagaimanaaktivitassiswakelasVSDN1GondanglegiKulondalampembelajaranmenuliskarangannarasidenganmenggunakanmediapopupbookdanbagaimanakemampuanmenuliskarangannarasidenganmenggunakanmediapopupbookpadasiswakelasVSDN1GondanglegiKulon.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatandeskriptifkualitatif.Sedangkanrancanganpenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianiniyaitusiswakelasVSDN1GondanglegiKulonKecamatanGondanglegiKabupatenMalang.Pengumpulandatadilakukanmelaluiberupaobservasidokumentasitesdancatatanlapangan.Analisisdatamelaluipengumpulandatareduksidatadanpemaparan.Hasilpenelitianmenunjukkanterjadiperubahanaktivitasguru.pembelajaranmenuliskarangannarasitelahdilaksanakansesuaidenganRencanaPelaksanaanPembelajarandanurutanlangkah-langkahkegiatanyangtelahdibuatsebelumnya.Terbuktidarimunculnyalangkah-langkahmenyampaikanmateridenganmenggunakanmediapopupbookyangpadapratindakanbelumdisampaikandilaksanakanolehguru.Siswamenjadilebihaktifterlibatdalamtahap-tahappenuliskarangannarasiterlihatdarimeningkatnyarata-rataaktivitassiswayaitu755padasiklusIpertemuan1dengankualifikasibaiksiklusIpertemuan2805dengankualifikasisangatbaiksiklusIIpertemuan1895dengankualifikasisangatbaikdansiklusIIpertemuan2968dengankualifikasisangatbaik.begitujugadenganhasilketerampilanmenuliskaranganjugamengalamipeningkatan.Peningkatanhasilbelajardenganpenggunaanmediapopiiupbook.Nilairata-ratakelasmengalamipeningkatansetiapsiklus.Sebelummenggunakanmediapopupbooknilairata-ratakelas68denganketuntasanklasikalsebesar409%.Setelahmenggunakanmediapopupbooknilairata-ratapadasiklusInaikmenjadi707denganketuntasanklasikal545%.PadasiklusIInilairata-ratakelasmeningkatmenjadi795denganketuntasanklasikal864%.Penggunaanmediapopupbookjugameningkatkankeaktifansiswadalampembelajaran.Rata-ratakeaktifansiswapadasiklusIyaitu748termasukdalamkategoribaik.PadasiklusIIrata-ratakeaktifansiswayaitu802yangdikategorikansangatbaik.Darihasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediapopupbookdapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangansiswa.Selainitudapatmembuatsiswabersemangatdanaktifdalampembelajaran.Olehkarenaitugurudisarankanmenggunakanmediapembelajaranpopupbookkarenaselaindapatmeningkatkanketerampilanmenuliskarangannarasipenggunaanmediainidapatmembantusiswaaktifdalampembelajaran.