Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi Sistem Transportasi dan Respirasi kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang / Siti Barokah Wati Allya Putri Mangkona

Main Author: Mangkona, Siti Barokah Wati Allya Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/690/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mangkona, Siti Barokah Wati Allya Putri. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran IPA materi Sistem Transportasi dan Respirasi Kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd., (II) Arafah Husna, S.Pd, M.Med. Kom. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, IPA SMP. Multimedia interaktif adalah media pembelajaran berbasis komputer yang terdiri dari gabungan beberapa macam media seperti teks, gambar, audio, animasi, dan video yang dioperasikan oleh pengguna (user) sehingga terjadi interaksi antara dua arah antara pengguna (user) dengan multimedia interaktif. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan efektif untuk mata pelajaran IPA materi sistem transportasi dan respirasi kelas VIII di SMP Negeri 15 Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004), langkah-langkah pengembangan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan multimedia interaktif ini adalah siswa kelas VIII B di SMP Negeri 15 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa instrumen angket siswa, validasi ahli media, validasi ahli materi, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil angket siswa, validasi ahli media, validasi ahli materi, dan tes hasil belajar siswa berupa prosentase. Hasil pengembangan multimedia interaktif memenuhi kriteria valid, dengan hasil validasi dari ahli media didapatkan skor prosentase sebesar 93,75%, ahli materi didapatkan skor presentase sebesar 90%, dari ujicoba perseorangan didapatkan skor presentase sebesar 92,5%, dari ujicoba kelompok kecil didapat skor prosentase 90%, dan dari uji coba kelompok besar didapat skor prosentase 90,17%. Pada tes hasil belajar 23 orang siswa mendapat nilai di atas KKM, dan 5 sisanya belum mencapai KKM, hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran secara mandiri pada mata pelajaran IPA materi sistem Transportasi dan Respirasi. Persentase dari tes hasil belajar menggunakan multimedia interaktif adalah 82,15%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran IPA materi sistem transportasi dan respirasi kelas VIII SMP Negeri 15 Malang layak dan efektif sebagai salah satu media pembelajaran secara mandiri. Dalam pemanfaatan multimedia pembelajaran interaktif, sebaiknya user sudah terbiasa mengoperasikan komputer dan membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat, agar nantinya dalam mengoperasikan multimedia pembelajaran interaktif user tidak mengalami kesulitan.