Peningkatan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar melalui model Group Investigation (GI) pada siswa kelas IV SDN 01 Pakel Kabupaten Tulungagung / Dimas Candra Dwijayanto
Main Author: | Dwijayanto, Dimas Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6879/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANDwijayantoDimasCandra.2018.PeningkatanPembelajaranMatematikaMateriKelilingdanLuasBangunDatarMelaluiModelGroupInvestigationdiKelasIVSDN01PakelKabupatenTulungagung.SkripsiProgramSarjanaPendidikanGuruSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AlifMudionoM.Pd.(II)Dra.Hj.SriMurdiyahM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajarkelilingdanluasbangundatargroupinvestigationHasilobservasidanwawancarapadaprosespembelajaranpadasiswakelasIVSDN01PakelKabupatenTulungagungmateridisekitardanluasbangunandataradamasalah(1)gurumenggunakanmodeltradisional(2)gurutidakmenggunakanmediapembelajaran(3)siswamasihpasifdalampembelajaran(4)gurutidakmembentukkelompokbelajar(5)hasilbelajarsiswamenemukanbahwadari12siswaada9siswayangmendapatnilai65.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelGroupInvestigationdanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasIVSDN01PakelTulungagungmelaluimodelGroupInvestigation.Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Datayangdigunakanadalahdatapelaksanaanpembelajarandanhasilbelajarsiswayangdilakukanselama2siklus.Penelitiandilakukandalam4tahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaratesdokumentasidancatatanlapangan.Hasilnyamenunjukkanpeningkatanaktivitasguruaktivitassiswadanhasilbelajar.Padasikluspertamaaktivitasgurumendapat8095%dansiklusIImenghasilkan9761%.SedangkanaktivitassiswapadasiklusImendapatkan8055%dansiklusIImendapatkan9722%.Rata-rataskorpra-tindakansiswahanya4375meningkatmenjadi6614dalamsiklusIkemudianmeningkatlagimenjadi948padasiklusII.SementaraitupenguasaanbelajarsiswapadasiklusImenghasilkan7085%dansiklusIImenghasilkan100%.HasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelGroupInvestigationdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikamaterikelilingdanluasbangundatar.OlehkarenaitudisarankanbagiguruuntukmenggunakanmodelGroupInvestigationdalampembelajaranmatematikauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadiSDN01PakelTulungagung.