Hubungan implementasi gerakan penguatan pendidikan karakter dan perilaku mengajar guru dengan pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Klojen / Su'aibatul Islamiyah

Main Author: Islamiyah, Su'aibatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/68675/
Daftar Isi:
  • RINGKASANIslamiyahSuaibatul.2019.HubunganImplementasiGerakanPenguatanPendidikanKarakterdanPerilakuMengajarGurudenganPembentukanKarakterPesertaDidikdiSekolahDasarNegeriSe-KecamatanKlojen.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AhmadYusufSobriS.SosM.Pd(II)WildanZulkarnainS.PdM.Pd.katakunciimplementasigerakanpenguatanpendidikankarakter(PPK)perilakumengajargurupembentukankarakterpesertadidikKarakterdipengaruhiolehduafaktoryaitufaktorinterndanfaktorekstern.Pembentukankaraktermerupakanusahauntukmenanamkanpengetahuantentanghalbaikkepadaseseorangkemudianseseorangtersebutmenginginkanhalyangbaikdanmaumelakukankebaikantersebut.Nilaikarakterutamayangdikembangkandalamgerakanpenguatanpendidikankaraktermeliputireligiusnasionalismeintegritasmandiridangotong-royong.Gerakanpenguatanpendidikankarakterbukanlahsebuahprosespembelajarantentangmenghafalmaterisoalujianataupunteknik-teknikmenjawabnya.Melainkanpendidikankarakteriniadalahprosespembiasaanpembiasaanberbuatbaik.Perilakumengajargurumerupakantingkahlakugurudalammengaturprosespembelajarandenganbaikdanmenciptakaninteraksididalamprosespembelajaran.Karakterpesertadidikperludibangunsejakusiadinimelaluipembiasaandanmemerlukancontohyangbisadidapatkandariperilakumengajarseorangguru.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui(1)tingkatimplementasigerakanpenguatanpendidikankarakterdiSDNse-KecamatanKlojen(2)tingkatperilakumengajargurudiSDNse-KecamatanKlojen(3)tingkatpembentukankarakterpesertadidikdiSDNse-KecamatanKlojen(4)hubunganimplementasigerakanpenguatanpendidikankarakterdanperilakumengajargurudenganpembentukankarakterpesertadidikdiSDNse-KecamatanKlojen.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifrancanganregresilinierberganda.Penelitimenggunakansampelsejumlah127gurudaripopulasi187gurudenganlokasipenelitiandiSDNegerise-KecamatanKlojen.Instrumenyangdigunakandalampengumpulandatayakniberupaangket.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniyaituteknikdeskriptifdanregresilinierberganda.Berdasarkanhasilpenelitiandiketahui(1)tingkatimplementasigerakanPPKdalampembentukankarakterpesertadidikdiSDNegerise-KecamatanKlojenmasukdalamkategoritinggi(2)tingkatperilakumengajargurudalampembentukankarakterpesertadidikdiSDNegerise-KecamatanKlojenmasukdalamkategorisangattinggi(3)tingkatpembentukankarakterpesertadidikdiSDNegerise-KecamatanKlojenmasukdalamkategoritinggi(4)secarasimultanvariabelimplementasigerakanPPKdanperilakumengajarguruadahubunganyangpositifdenganpembentukankarakterpesertadidikdiSDNegerise-KecamatanKlojen.Sarandalampenelitianiniyaitu(1)KepalaDinasPendidikanKotaMalangmempertahankantingkatperilakumengajargurudanmeningkatkanupayadalampembentukankarakterpesertadidikdenganpelatihanatauseminaruntukguruterkaitimplementasigerakanPPK(2)KepalaSDNegeriKecamatanKlojenmelakukanevaluasiterhadapimplementasigerakanPPKyangtelahdilaksanakandisekolahjugamelakukansupervisikepadaguru(3)GuruSDNegeriKecamatanKlojengurudiharapkantidakhanyamengutamakankemampuanpesertadidikdalammembacamenulisdanberhitungtetapijugamemperhatikanpesertadidikagardapatberpikirkritiskreatifinovatifdanmampumembangunkarakterpesertadidik(4)KetuaJurusanAdministrasiPendidikansebagaibahanperkuliahanmahasisiwaAdministrasiPendidikansehinggamahasiswaAdministrasiPendidikandapatmemperdalamilmuterkaitdenganhubunganimplementasiprogramPPKdanperilakumengajargurudenganpembentukankarakterpesertadidikdiSDNegeri(5)MahasiswaAdministrasiPendidikansebagaireferensibagipenelitilainyangakanmelakukanpenelitianterkaittemayangsamadenganvariabelyangberbedayaitufaktorinternpembentukankarakteryangmeliputiinstingadatataukebiasaankemauansuarahatidanketurunan.