Muatan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan full day school di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang / Prasetyaning Suci Rahayu

Main Author: Rahayu, Prasetyaning Suci
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/6839/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKRahayuPrasetyaningSuci.2018.MuatanNilai-NilaiKrakterdalamPelaksanaanFullDaySchooldiKelasIVbSDNBareng3KotaMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)MuchtarS.Pd.M.Si.(II)Dra.MurtiningsihM.Pd.KataKunciNilaiKarakterFullDaySchoolKokurikuler.BerdasarkanpendapatyangberkembangdimasyarakatpembangunankarakterbangsaIndonesiabelumdilakukansecaramaksimal.PendapattersebutdidukungolehbeberapakasusyangterjadibeberapatahunbelakanganinikhususnyadiKotaMalang.Halitumenjadipertimbanganbagipemerintahdalamsektorpendidikanuntukmemperbaikisistematikapendidikanyangadadengancarameningkatkanpengembangannilaikarakterbangsa.NilaikarakterdapatdikuatkanmelaluipelaksanaanFullDaySchool.OlehkarenaituKemendikbudmenggalakkanpentingnyapendidikankaraktermelaluilembagapendidikandenganmengembangkanpembelajaranintrakurikulerkokurikulerdanekstrakurikuler.Tujuandaripenelitianiniuntuk(1)MendeskripsikanpelaksanaanfulldayschooldikelasIVbSDNBareng3KotaMalang(2)Mendeskripsikanpelaksanaanpembelajarankokurikuleryangbermuatannilai-nilaikarakterpadakonteksfulldayschooldiKelasIVbSDNBareng3KotaMalangserta(3)Mendeskripsikannilai-nilaikarakteryangdikembangkandalampembelajarankokurikulerpadakonteksfulldayschooldiKelasIVbSDNBareng3KotaMalang.Penelitianinidirancangdenganpendekatankualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.LokasipenelitianadalahSDNBareng3dengansubjekpenelitianadalahgurudanpesertadidikkelasIVb.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradandokumentasi.Teknikanalisisdatameliputireduksidatapenyajiandatadanverifikasidata.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)pelaksanaanfulldayschooldikelasIVbSDNBareng3KotaMalangmemberikancukupruanguntukpesertadidikbereksplorasimembentukkompetensinilaikarakter(2)Nilai-nilaikarakterdisisipkandengancarapengintegrasianmuatannilai-nilaikarakterkedalamkegiatanpembelajaran.(3)muatannilai-nilaikarakteryangdiintegrasikanmelaluipembelajarankokurikulermenghasilkan5nilaikarakteryangmenonjolyaitudisiplinkerjakeraskreatifmandiridanbertanggungjawabserta2nilaikarakteryangseringmunculpadasetiappembelajarankokurikuleryaitubersahabatdanpedulilingkungan.Penelitidapatmemberikansaranyaitu(1)kepalasekolahhendaknyamelakukanmonitoringtentangpembelajarankokurikuler(2)guruhendaknyamembuatperencanaankegiatankokurikulersecaratertulisdan(3)sekolahhendaknyamempersiapkanfasilitasyangmemadaiuntukmendukungpelaksanaankegiatankokurikuler.