Muatan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan full day school di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang / Prasetyaning Suci Rahayu
Main Author: | Rahayu, Prasetyaning Suci |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6839/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKRahayuPrasetyaningSuci.2018.MuatanNilai-NilaiKrakterdalamPelaksanaanFullDaySchooldiKelasIVbSDNBareng3KotaMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)MuchtarS.Pd.M.Si.(II)Dra.MurtiningsihM.Pd.KataKunciNilaiKarakterFullDaySchoolKokurikuler.BerdasarkanpendapatyangberkembangdimasyarakatpembangunankarakterbangsaIndonesiabelumdilakukansecaramaksimal.PendapattersebutdidukungolehbeberapakasusyangterjadibeberapatahunbelakanganinikhususnyadiKotaMalang.Halitumenjadipertimbanganbagipemerintahdalamsektorpendidikanuntukmemperbaikisistematikapendidikanyangadadengancarameningkatkanpengembangannilaikarakterbangsa.NilaikarakterdapatdikuatkanmelaluipelaksanaanFullDaySchool.OlehkarenaituKemendikbudmenggalakkanpentingnyapendidikankaraktermelaluilembagapendidikandenganmengembangkanpembelajaranintrakurikulerkokurikulerdanekstrakurikuler.Tujuandaripenelitianiniuntuk(1)MendeskripsikanpelaksanaanfulldayschooldikelasIVbSDNBareng3KotaMalang(2)Mendeskripsikanpelaksanaanpembelajarankokurikuleryangbermuatannilai-nilaikarakterpadakonteksfulldayschooldiKelasIVbSDNBareng3KotaMalangserta(3)Mendeskripsikannilai-nilaikarakteryangdikembangkandalampembelajarankokurikulerpadakonteksfulldayschooldiKelasIVbSDNBareng3KotaMalang.Penelitianinidirancangdenganpendekatankualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.LokasipenelitianadalahSDNBareng3dengansubjekpenelitianadalahgurudanpesertadidikkelasIVb.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaradandokumentasi.Teknikanalisisdatameliputireduksidatapenyajiandatadanverifikasidata.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)pelaksanaanfulldayschooldikelasIVbSDNBareng3KotaMalangmemberikancukupruanguntukpesertadidikbereksplorasimembentukkompetensinilaikarakter(2)Nilai-nilaikarakterdisisipkandengancarapengintegrasianmuatannilai-nilaikarakterkedalamkegiatanpembelajaran.(3)muatannilai-nilaikarakteryangdiintegrasikanmelaluipembelajarankokurikulermenghasilkan5nilaikarakteryangmenonjolyaitudisiplinkerjakeraskreatifmandiridanbertanggungjawabserta2nilaikarakteryangseringmunculpadasetiappembelajarankokurikuleryaitubersahabatdanpedulilingkungan.Penelitidapatmemberikansaranyaitu(1)kepalasekolahhendaknyamelakukanmonitoringtentangpembelajarankokurikuler(2)guruhendaknyamembuatperencanaankegiatankokurikulersecaratertulisdan(3)sekolahhendaknyamempersiapkanfasilitasyangmemadaiuntukmendukungpelaksanaankegiatankokurikuler.