Peningkatan hasil belajar mengidentifikasi sumber daya alam melalui model kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV SDN 1 Wonorejo Kabupaten Tulungagung / Riantika Arian Dewi

Main Author: Dewi, Riantika Arian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/6813/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANDewiRiantikaArian.2018.PeningkatanHasilMengidentifikasiSumberDayaAlammelaluiModelKooperatifTipeTalkingStickpadaKelasIVSDN1WonorejoKabupatenTulungagung.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SutansiM.Pd(II)SuminahS.Pd.M.Pd.KataKunciPeningkatanHasilBelajarModelKooperatifTipeTalkingStickHasilobservasiyangdilakukandikelasIVSDN1WonorejoKabupatenTulungagungdiketahuibahwaterdapatpermasalahansebagaiberikut.(1)hasilbelajarsiswamuatanIPSmasihrendahditunjukkandengan33siswaatau87%siswakelasIVtidaktuntasbelajarkriteriaketuntasanminimal(KKM)yangtelahditetapkanyaitu72(2)siswakurangaktifdanbersemangatmengikutipembelaja-ranhaliniditunjukkandenganbanyaknyasiswayanghanyadiamdansebagiansiswaramaisendiriselamaprosespembelajaranberlangsung(3)gurutidakmem-bentukkelompokdalampengelolaankelas(4)gurutidakmenggunakanmediaataupunmodelpembelajaranyangdapatmenujangkeberhasilanpembelajaransehinggasiswamengalamikesulitandalammemahamimateri(5)gurutidakmembuatRPPsebelummelaksanakankegiatanpembelajaran.SebagaiupayamemperbaikikeadaantersebutdilakukanpenelitiantindakankelasdenganmenerapkanmodelKooperatifTipeTalkingStickpadamateriSDAdikelasIVSDN1WonorejoKabupatenTulungagung.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Penelitianinidilakukan2siklusdengan2pertemuansetiapsiklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Teknikanalisisdatayangdilakukanyaitureduksidatapenyajiandatadankesimpulan.HasilpenelitianyangtelahdilakukanpadasiklusIdanIIpersentaseaktivitasgurusebesar100%denganpredikatsangatbaik.PersentaseaktivitassiswamengalamipeningkatanpadasiklusIsebesar855%denganpredikatbaikmeningkatmenjadi935%padasiklusIIdenganpredikatsangatbaik.Nilairata-ratahasilbelajarsiswapadamateriSDAjugameningkatpadatahappratindakannilairata-ratahanyamencapai62denganketuntasanbelajarklasikal13%denganpredikatkurangsekalimeningkatpadasiklusImenjadi73denganketuntasanbelajarklasikal60%denganpredikatcukup.PeningkatanjugaterjadipadasiklusIIdengannilairata-rata79denganketuntasanbelajarklasikal87%denganpredikatsangatbaik.PenerapanpembelajarandenganmodelKooperatifTipeTalkingStickdapatmeningkatanaktivitasguruaktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelKooperatifTipeTalkingSticksebagaisalahsatualternatifbahanpertimbangandalamperbaikandanpeningkatankualitaspembelajaransertahasilbelajarIPSkhususnyamateriSDA.