Pengembangan modul pembelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi kelas X semester II Jurusan Agribisnis Ternak Unggas di SMK Muhammadiyah 1 Batu / Hendra Budi Santoso
Main Author: | Santoso, Hendra Budi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/681/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Santoso, Hendra Budi. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X Semester II Jurusan Agribisnis Ternak Unggas di SMK Muhammadiyah 1 Batu. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd., (II) Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom. Kata Kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran, KKPI SMK. Modul ialah suatu kesatuan yang bulat dan lengkap, yang terdiri dari serangkaian kegiatan belajar yang secara empiris telah terbukti memberi hasil belajar yang efektif untuk mencapai tujuan yang dirumuskan secara jelas dan spesifik. Modul pembelajaran digunakan untuk mempermudah belajar dalam melakukan praktikum disertai dengan langkah-langkah yang mudah dipraktikkan langsung oleh peserta didik dan rubrik penilaian digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian terhadap kinerja peserta didik. Tujuan dari pengembangan modul pembelajaran ini adalah menghasilkan produk modul yang valid dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi mengoperasikan Software Spreadsheet. Penelitian ini menggunakan model pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens, langkah pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan ini adalah peserta didik kelas X ATU-1 sebagai subjek utama di SMK Muhammadiyah 1 Batu. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif (instrumen ahli media, ahli materi, dan responden/audien) dan kuantitatif (tes hasil belajar peserta didik). Modul divalidasikan oleh seorang ahli media, seorang ahli materi, dan diujicobakan kepada 21 peserta didik, 1 orang ujicoba perorangan, 5 orang ujicoba kelompok kecil dan 15 orang uji coba lapangan. Kemudian tes hasil belajar kelas X ATU-1 yang semula 27 orang akan tetapi saat penelitian sebanyak 25 orang peserta didik terdapat 23 orang mendapat nilai diatas KKM dan 2 orang mendapat nilai dibawah KKM. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa modul yang dikembangkan ini valid atau layak digunakan sebagai sumber belajar dan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada materi mengoperasikan Software Spreadsheet dalam mata pelajaran KKPI. Dalam pemanfaatan modul sebaiknya pengguna mencermati petunjuk penggunaan modul dan melakukan praktikum dengan urutan yang benar. KATA PENGANTAR Puji dan syukur tidak lupa penulis haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena segala rahmat dan karunia-Nya, penulis berhasil menyelesaikan skripsi yang berjudul ÔÇ£Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X Semester II Jurusan Agribisnis Ternak Unggas di SMKÔÇØ, sebagai syarat guna meraih gelar sarjana jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Keberhasilan penulisan skripsi ini tidak terlepas dari bantuan serta arahan dari berbagai pihak, baik itu secara individu maupun secara umum terutama bimbingan dan pengarahan yang sabar, tulus, dan ikhlas dari dosen pembimbing, dewan penguji, kepala sekolah, guru KKPI dan peserta didik kelas X ATU-1, untuk itu penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada: 1.Bapak Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2.Bapak Dr. Sulthoni, M.Pd selaku Ketua Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. 3.Bapak Dr. Sihkabuden, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak memberikan kesabaran, dukungan, dan meluangkan banyak waktu untuk memberikan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini. 4.Ibu Arafah Husna, S.Pd., M.Med.Kom selaku Dosen Pembimbing II yang telah banyak memberikan kesabaran, dukungan, dan meluangkan banyak waktu untuk memberikan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini 5.Seluruh dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang beserta jajarannya, terima kasih atas bimbingan ilmu, serta pengalaman yang luar biasa selama saya menempuh perkuliahan di jurusan Teknologi Pendidikan. 6.Bapak Edong SaÔÇÖban, S.Ag selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Batu yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan penelitian serta dukungan dan motivasi yang diberikan. 7.Bapak Arik Supriyanto, S.SI selaku guru mata pelajaran KKPI kelas X ATU-1 SMK Muhammadiyah 1 Batu yang telah meluangkan banyak waktu dan dukungan sampai skripsi ini selesai. 8.Bapak Eka Pramono Adi, S.I.P., M.Si selaku ahli media yang telah meluangkan waktu untuk memvalidasi modul saya. 9.Peserta didik kelas X ATU-1 yang telah menjadi subjek penelitian pada skripsi ini. 10.Kedua orang tua Alm. Bapak Jumali dan Ibu Sriati serta kakak-kakakku Mbak Wiwik, Mbak Endah, Mas Arik, Mbak Dewi dan adikku Yuda beserta keluarga besar yang telah memberikan doa, dukungan, motivasi, dan semangat yang luar biasa sampai skripsi ini bisa terselesaikan. 11.Geng Tujuh MahCant + Adek Binti, Evinda, Frisda, Asti, Fia, Muslimah, dan Esa yang selalu ngomel kebut skripsi dan pejuang S.Pd sejati. Terima kasih karena telah menjadi sahabat saat susah maupun senang dalam menghadapi perkuliahan selama ini dan tempat pertama untuk perbaikan skripsi ini, juga tempat dan wifi gratisnya, serta maaf jika terus menyusahkan kalian. 12.Reza dan Hanif yang selalu menemani saat penelitian, terima kasih karena rela jauh-jauh datang ke Batu hanya untuk mengambil foto saat penelitian. 13.Teman-teman keluarga besar TEP B 2013 yang telah menjadi keluarga kedua dan pejuang mulai awal sampai akhir perkuliahan yang telah banyak memberikan semangat, motivasi, inspirasi, bantuan, solusi, masukkan dan doa untuk bisa menyelasaikan skripsi ini dan terima kasih karena telah menjadi keluarga yang luar biasa. 14.Teman-teman keluarga besar TEP angkatan 2013 yang selama ini juga berjuang bersama-sama yang telah memberikan semangat, motivasi, inspirasi, bantuan, solusi, masukkan dan doa untuk bisa menyelasaikan skripsi ini. 15.Teman-teman Karang Taruna Songgokerto yang telah memberikan semangat dan motivasi untuk segera menyelasaikan skripsi ini, terima kasih karena kalian merepotkan di saat yang kurang tepat tapi tetap memberikan dorongan kepada saya. Penulis menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih banyak kekurangan yang terdapat di dalamnya, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan, mudah-mudahan penulisan skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Akhir kata semoga penyusunan skripsi ini dapat berguna dan bermanfaat kepada berbagai pihak pada umumnya dan penyusun sendiri pada khususnya. Malang, Mei 2017 Penulis