Peningkatan hasil belajar muatan matematika materi menemukan sifat bangun datar melalui model examples non exapmples pada siswa kelas III SDN Gedog 2 Kota Blitar / Nurma Dwi Lestari

Main Author: Lestari, Nurma Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/6790/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANLestariNurmaDwi.2018.PeningkatanHasilBelajarMuatanMatematikaMateriMenemukanSifat-SifatBangunDatarMelaluiModelExamplesNonExamplesPadaSiswaKelasIIISDNGedog2KotaBlitar.SkripsiProdiS1-PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.M.ZainuddinM.Pd.(2)Dra.TriMurtiS.Pd.M.Pd.KataKuncihasilbelajarmodelpembelajaranexamplesnonexamplesmenemukansifat-sifatbangundatar.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasIIISDNGedog2KotaBlitardiketahuibahwa(1)gurubelummenerapkanpembelajaransecaraberkelompok(2)gurupadaumumnyamasihmenerapkanmotodeceramahdalampembelajaran(3)guruperlumeluangkanwaktuuntukmembimbingsiswayangmemlikikekurangandalammemahamimateri(4)gurubelummenggunakanmediapembelajaranyangmudahdipahamidanpraktisbagisiswa(5)secaraumumsiswasudahdapatmenyebutkanjenisbangundatartetapisiswabelummemahamikonsepdarisifat-sifatbangundatardan(6)Hasilbelajardiperoleh7siswa(35%)yangmencapaiKKM.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelexamplesnonexamplespadaprosespembelajaranmaterimenemukansifat-sifatbangundatar(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaranmaterimenemukansifat-sifatbangundatarmelaluimodelexamplesnonexamples.Pendekatanyangdigunakanyaitupendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Penelitiandilaksanakanduasiklusyangterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIIISDNGedog2KotaBlitarsebanyak20siswa.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaraobservasicatatanlapangantesdandokumentasi.Analisisdatadiawalidenganmengumpulkandatamenyajikandatadanmendeskripsikandatakemudianmenarikkesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkandenganmenerapkanmodelexamplesnonexamplesmenemukansifat-sifatbangundatardapatmeningkataktivitasmaupunhasilbelajarsiswa.PadasiklusIpersentaseaktivitasgurusebesar100%konsistenpadasiklusIIsebesar100%.SedangkanaktivitassiswapadasiklusImemperolehpersentase85%masukkriteriabaikmeningkatmenjadi93%dengankriteriasangatbaikpadasiklusII.HasilbelajarsiswaaspeksikapjugamengalamipeningkatanpadasiklusIyaitusikappercayadiridisiplindantanggungjawabditunjukkansiswadenganbaikmeningkatpadasiklusIIsikappercayadiridisiplindantanggungjawabsudahditunjukkansiswalebihdari10siswayangmemenuhiindikator3dengankriteriasangatbaik.HasilbelajaraspekketerampilanjugamengalamipeningkatanpadasiklusIdarirata-rata75denganiviipersentaseketuntasan65%dengankriteriakurangdanmeningkatpadasiklusIIdenganrata-ratanilai912denganpersentase100%.Hasilbelajaraspekpengetahuanpadatahapawaldenganrata-rata3965denganpersentaseketuntasan35%masukkriteriaperlubimbinganpadasiklusImeningkatdenganrata-rata637denganpersentaseketuntasan60%dengankriteriaperlupimbingandanmeningkatpadasiklusIIdenganrata-ratanilai797denganpersentaseketuntasan90%kriteriasangatbaik.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelexamplesnonexamplesdapatmeningkatkanaktivitasgurudansiswasertahasilbelajarmaterimenemukansifat-sifatbangundatarpadasiswakelasIIISDNGedog2KotaBlitar.Untukitudiharapkangurudapatmenerapkanmodelexamplesnonexamplesdalampembelajaranagaraktivitasgurudansiswasertahasilbelajarsiswadapatmengalamipeningkatansehinggahasilbelajarsiswalebihoptimal.