Analisis kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran di kelas IVA SDN Buring Kota Malang / Nur Ridlotul Ilmi
Main Author: | Ilmi, Nur Ridlotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6783/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKIlmiNurRidlotul.2018.AnalisisKemampuanGurudalamMenerapkanKeterampilanBertanyapadaPembelajarandiKelasIVASDNBuringKotaMalang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahdanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SyaifulImamS.Pd.M.Pd.(II)Dra.SriSugihartiM.Pd.KataKunciKemampuanGuruKeterampilanBertanyadanPembelajaranKegiatanbertanyamerupakankegiatanyangmendominasikegiatanpembelajaran.MenciptakanpembelajaranyangkomunikatifdimulaidaripemberianpertanyaanSebagaiguruyangprofesionaldalamkegiatanpembelajaranguruharusmampumelaksanakanketerampilanbertanya.BerdasarkanhasilobservasiawalpadapembelajarandikelasIVAgurumasihmenerapkankebiasaan-kebiasaanyangperludihindariterdapatbeberapakomponenketerampilanbertanyayangbelumditerapkansertainteraktifsiswayangkurangmerata.Berdasarkankenyataanyangterjadidilapanganpenelititertarikmenelitilebihlanjutterhadappenerapanketerampilanbertanyagurudalampembelajaran.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpemahananguruterhadapketerampilanbertanya(2)pelaksanaanketerampilanbertanyapadapembelajarandan(3)kendalayangdialamidalammenerapkanketerampilanbertanyaolehgurudikelasIVA.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)gurutelahmemahami24komponenketerampilanbertanyagurubelummemahamipertanyaansisntesisdanevaluasisertagurubelummemahamiprinsip-prinsipketerampilanbertanya(2)gurutelahmenerapkan23dari26komponenketerampilanbertanyadalampembelajaran.(3)Kendalayangdihadapigurudalammenerapkanketerampilanbertanyayaitumemberikanpertanyaanyangtidakdipahamiolehseluruhsiswakesulitanmemberikanpertanyaanyangmenuntutsiswaberpikirtingkattinggi(pertanyaansintesisdanevaluasi).Gurumengajukanpertanyaanyangmenimbulkanjawabanserentakmengulangijawabansiswamenjawabpertanyaannyasendirimenunjuksiswaterlebihdahuludanmengulang-ulangpertanyaanyangsudahdiberikan.Mengingatpentingnyaketerampilanbertanyapadapembelajaranyangdapatmenciptakanterjadinyaprosesbelajaryangkomunikatifdanmeningkatkankemampuanberpikirsiswadanmemperolehpengetahuandisarankangurumemberikanpertanyaantingkatsintesisdanevaluasisertamenghindarihal-halyangharusdihindaridalammenerapkanketerampilanbertanya.