Analisis kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran di kelas IVA SDN Buring Kota Malang / Nur Ridlotul Ilmi

Main Author: Ilmi, Nur Ridlotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/6783/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKIlmiNurRidlotul.2018.AnalisisKemampuanGurudalamMenerapkanKeterampilanBertanyapadaPembelajarandiKelasIVASDNBuringKotaMalang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahdanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SyaifulImamS.Pd.M.Pd.(II)Dra.SriSugihartiM.Pd.KataKunciKemampuanGuruKeterampilanBertanyadanPembelajaranKegiatanbertanyamerupakankegiatanyangmendominasikegiatanpembelajaran.MenciptakanpembelajaranyangkomunikatifdimulaidaripemberianpertanyaanSebagaiguruyangprofesionaldalamkegiatanpembelajaranguruharusmampumelaksanakanketerampilanbertanya.BerdasarkanhasilobservasiawalpadapembelajarandikelasIVAgurumasihmenerapkankebiasaan-kebiasaanyangperludihindariterdapatbeberapakomponenketerampilanbertanyayangbelumditerapkansertainteraktifsiswayangkurangmerata.Berdasarkankenyataanyangterjadidilapanganpenelititertarikmenelitilebihlanjutterhadappenerapanketerampilanbertanyagurudalampembelajaran.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpemahananguruterhadapketerampilanbertanya(2)pelaksanaanketerampilanbertanyapadapembelajarandan(3)kendalayangdialamidalammenerapkanketerampilanbertanyaolehgurudikelasIVA.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)gurutelahmemahami24komponenketerampilanbertanyagurubelummemahamipertanyaansisntesisdanevaluasisertagurubelummemahamiprinsip-prinsipketerampilanbertanya(2)gurutelahmenerapkan23dari26komponenketerampilanbertanyadalampembelajaran.(3)Kendalayangdihadapigurudalammenerapkanketerampilanbertanyayaitumemberikanpertanyaanyangtidakdipahamiolehseluruhsiswakesulitanmemberikanpertanyaanyangmenuntutsiswaberpikirtingkattinggi(pertanyaansintesisdanevaluasi).Gurumengajukanpertanyaanyangmenimbulkanjawabanserentakmengulangijawabansiswamenjawabpertanyaannyasendirimenunjuksiswaterlebihdahuludanmengulang-ulangpertanyaanyangsudahdiberikan.Mengingatpentingnyaketerampilanbertanyapadapembelajaranyangdapatmenciptakanterjadinyaprosesbelajaryangkomunikatifdanmeningkatkankemampuanberpikirsiswadanmemperolehpengetahuandisarankangurumemberikanpertanyaantingkatsintesisdanevaluasisertamenghindarihal-halyangharusdihindaridalammenerapkanketerampilanbertanya.