Pengembangan media video pembelajaran renang pada mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas V di SDN Polehan 2 Malang / Deo Dedika Haking
Main Author: | Haking, Deo Dedika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/67780/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHakingDeoDedika.2019.PengembanganMediaVideoPembelajaranRenangPadaMataPelajaranPJOKUntukSiswaKelasVdiSDNPolehan2Malang.SkripsiJurusanTeknologiPendidikanProgramStudiTeknologiPendidikanFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)HenryPraherdhionoS.SiM.Pd(II)YerrySoepriyantoS.T.M.TKataKunciMediaVideoPembelajaranPJOKMediapembelajaransebagaisalahsatukomponensumberbelajar.Penggunaanmediapembelajaranyangsesuaidapatmembantumeningkatkankualitaspembelajaran.BerdasarkanpengamatanlapangandiSDNPolehan2Malangsiswakurangmenguasaimaterikarenaketerbatasanwaktudanmetodemengajaryangmonoton.padamatapelajaranPJOKmaterirenanghanyasebatasbukutekssaja.Olehkarenanyaperludikembangkanmediaaudiovisualuntukmempermudahsiswadalambelajardanmemahamimaterimenciptakansituasidansuasanapembelajaranyanglebihmenariksertauntukmeningkatkanmotivasisiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangan.Pengembanganprodukinidilanjutkandengankegiatanvalidasiahlimateriahlimediadanaudienslapangan.UntukmenentukankeefektifanprodukmediapembelajaranyangdikembangkanditempuhtahapujicobasiswaSDPolehan2Malangsebanyak30siswa.Berdasarkanperhitunganyangdiperolehdariahlimediamenunjukkanpresentasesebanyak81%yangberartimediaaudiovisualvaliddanlayakdigunakanuntukpembelajarandariahlimateri77%yangberartimediaaudiovisualcukupvaliddancukuplayakdigunakanuntukpembelajarandariaudienssebanyak3siswa875%yangberartimediaaudiovisualvaliddanlayakdigunakanuntukpembelajaran.Sedangkandaridataperbandinganhasilbelajarsiswasecarakeseluruhandiperolehpeningkatanhasilbelajarsebesar70%.Sehinggadaridatatersebutmenunjukkanbahwamediavideopembelejaraniniefektifdigunakandalamprosesbelajarmengajar.