Pengembangan media video pembelajaran renang pada mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas V di SDN Polehan 2 Malang / Deo Dedika Haking

Main Author: Haking, Deo Dedika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/67780/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHakingDeoDedika.2019.PengembanganMediaVideoPembelajaranRenangPadaMataPelajaranPJOKUntukSiswaKelasVdiSDNPolehan2Malang.SkripsiJurusanTeknologiPendidikanProgramStudiTeknologiPendidikanFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)HenryPraherdhionoS.SiM.Pd(II)YerrySoepriyantoS.T.M.TKataKunciMediaVideoPembelajaranPJOKMediapembelajaransebagaisalahsatukomponensumberbelajar.Penggunaanmediapembelajaranyangsesuaidapatmembantumeningkatkankualitaspembelajaran.BerdasarkanpengamatanlapangandiSDNPolehan2Malangsiswakurangmenguasaimaterikarenaketerbatasanwaktudanmetodemengajaryangmonoton.padamatapelajaranPJOKmaterirenanghanyasebatasbukutekssaja.Olehkarenanyaperludikembangkanmediaaudiovisualuntukmempermudahsiswadalambelajardanmemahamimaterimenciptakansituasidansuasanapembelajaranyanglebihmenariksertauntukmeningkatkanmotivasisiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembangan.Pengembanganprodukinidilanjutkandengankegiatanvalidasiahlimateriahlimediadanaudienslapangan.UntukmenentukankeefektifanprodukmediapembelajaranyangdikembangkanditempuhtahapujicobasiswaSDPolehan2Malangsebanyak30siswa.Berdasarkanperhitunganyangdiperolehdariahlimediamenunjukkanpresentasesebanyak81%yangberartimediaaudiovisualvaliddanlayakdigunakanuntukpembelajarandariahlimateri77%yangberartimediaaudiovisualcukupvaliddancukuplayakdigunakanuntukpembelajarandariaudienssebanyak3siswa875%yangberartimediaaudiovisualvaliddanlayakdigunakanuntukpembelajaran.Sedangkandaridataperbandinganhasilbelajarsiswasecarakeseluruhandiperolehpeningkatanhasilbelajarsebesar70%.Sehinggadaridatatersebutmenunjukkanbahwamediavideopembelejaraniniefektifdigunakandalamprosesbelajarmengajar.