Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema 9 subtema 1 di MI YPSM Al Manaar / Ledy Ahrisya
Main Author: | Ahrisya, Ledy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/67772/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKAhrisyaLedy.2019.PengaruhModelPembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL)terhadapHasilBelajarSiswaKelasVPadaTema9Subtema1diMIYPSMAlManaar.Skripsi.JurusanTeknologiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HenryPraherdhionoS.Si.M.Pd(II)EkaPramonoAdiS.IP.M.Si.KataKunciModelPembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL)HasilBelajarModelpembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL)merupakankonsepbelajaryangmembantugurudalammengaitkanantaramateriyangdiajarkannyadengansituasidunianyatasiswasertapenerapannyadalamkehidupansehari-hari.PemilihanmodelpembelajaranyangtepatmerupakansuatuhalyangharusdiperhatikanolehgurudenganmenggunakanmodelpembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL)untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVpadatema9subtema1.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuiperbedaannilairata-ratasiswasebelumdansesudahmenggunakanmodelpembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL)danuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswaantarayangmenggunakanmodelpembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL)denganyangmenggunakanmodelpembelajaranCooperativeLearning.Penelitianinimenggunakanquasyexperimentaldesigndenganmodelnonequivalentcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniyaituseluruhsiswakelasVMIYPSMAlManaartahun2018/2019dengan18siswakelasV-Asebagaikelaseksperimendan19siswakelasV-Bsebagaikelaskontrol.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasidansoaltes.Berdasarkanhasilpenelitianrata-ratanilaipretestkelaseksperimensebesar7144dankelaskontrolsebesar7579.Setelahdiberiperlakuanrata-ratanilaikelaseksperimensebesar8322dankelaskontrolsebesar8242.HasilujiPairedSamplesTTestpadakelaseksperimennilaisignifikansinyayaitu00000025.Sehinggadapatdisimpulkanadaperbedaannilairata-ratasiswasebelumdansesudahmenggunakanmodelpembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL).SedangkanhasilujiIndependentSamplesTTestnilaisignifikansinyayaitusebesar08930025.SehinggadapatdisimpulkanbahwatidakadaperbedaanhasilbelajarsiswayangsignifikanantarayangmenggunakanmodelpembelajaranContextualTeachingandLearning(CTL)denganyangmenggunakanmodelpembelajaranCooperativeLearning.