Pengembangan LKS berbasis multiliterasi materi energi pada siswa kelas 3 MI Birul Ulum Sumberjo Kecamatan sanankulon Kabupaten Blitar / Diah Retno Palupi
Main Author: | Palupi, Diah Retno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6777/ |
Daftar Isi:
- 28RINGKASANPalupiDiahRetno.2018.PengembanganLKSBerbasisMultiliterasiMateriEnergipadaSiswaKelas3MIBirulUlumSumberjoKecamatanSanankulonKabupatenBlitar.SkripsiJurusanPendidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.M.ZainuddinM.Pd.(II)YuniawatikaM.Pd.KataKunciLKSmultiliterasienergiLembarkegiatansiswa(LKS)adalahbahanajaryangmenjadipilihanguruuntukmenyiasatiberbagaiketerbatasandalamkegiatanpembelajaran.LKSyangdigunakanharusberkualitasagardapatdigunakansecaraefektif.LKSyangbaikharusmemuatsyaratpedagogikkonstruksidanteknis.SelainituLKSjugaharusmemuatkegiatandanmuatanyangmendukungnyauntukmencapaikompetensiyangdiharapkan.UntukitulahLKSBerbasisMultiliterasiperluuntukdikembangkan.DengandimasukkannyakonsepmultiliterasiyaitumultikonteksmultimediadanmultibudayadalamLKSmakakualitasLKSakanmeningkat.Halinidisebabkankesesuaiankonsepmultiliterasidengantuntutanzamandankompetensiyangdiharapkandimilikiolehgenerasidimasadepan.PenelitianinibertujuanuntukmengujikevalidanLKSBerbasisMultiliterasisebagaibahanajar.Kevalidanditinjaudarisegimateripenampilanmultiliterasidanrefleksipembelajaran.Validasidilakukanolehahlimateriahlimediadangurukelas3MIBirulUlumsebagaipengguna.Rancangandalampenelitianinimelaluitigatahapyaitutahapawaldesainprodukdanvalidasievaluasi.Tahapawalmeliputianalisiskebutuhananalisismateridananalisispengguna.Dalamtahapdesainprodukdilakukanpenentuanstrategipengembanganmateriajarpenentuankomponenlayoutdanproduksiawalproduk.Tahapterahiradalahvalidasidanevaluasiyangmeliputikonsultasiawalpenyusunaninstrumenevaluasiprodukvalidasidanrevisiprouksehinggamenghasilkanprodukakhiruntukdiujikankepadasiswakelas3MIBirulUlum.Berdasarkanhasilvalidasidanevaluasiolehahlimaterididapatkanpersentasekelayakansebesar95%olehahlimediasebesar9583%danolehgurukelassebagaipenggunadidapatkanpersentasekelayakansebesar9642%sehinggaLKSmemperolehpredikatsangatlayaksebagaibahanajar.AdapunsaranpenggunaanprodukadalahharusdimilikinyakemampuandasaroperasicomputeroelhguruketersediaanmediaLCDProyektordanpenguasaanmateriolehguru.