Pengembangan LKS berbasis multiliterasi materi energi pada siswa kelas 3 MI Birul Ulum Sumberjo Kecamatan sanankulon Kabupaten Blitar / Diah Retno Palupi

Main Author: Palupi, Diah Retno
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/6777/
Daftar Isi:
  • 28RINGKASANPalupiDiahRetno.2018.PengembanganLKSBerbasisMultiliterasiMateriEnergipadaSiswaKelas3MIBirulUlumSumberjoKecamatanSanankulonKabupatenBlitar.SkripsiJurusanPendidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.M.ZainuddinM.Pd.(II)YuniawatikaM.Pd.KataKunciLKSmultiliterasienergiLembarkegiatansiswa(LKS)adalahbahanajaryangmenjadipilihanguruuntukmenyiasatiberbagaiketerbatasandalamkegiatanpembelajaran.LKSyangdigunakanharusberkualitasagardapatdigunakansecaraefektif.LKSyangbaikharusmemuatsyaratpedagogikkonstruksidanteknis.SelainituLKSjugaharusmemuatkegiatandanmuatanyangmendukungnyauntukmencapaikompetensiyangdiharapkan.UntukitulahLKSBerbasisMultiliterasiperluuntukdikembangkan.DengandimasukkannyakonsepmultiliterasiyaitumultikonteksmultimediadanmultibudayadalamLKSmakakualitasLKSakanmeningkat.Halinidisebabkankesesuaiankonsepmultiliterasidengantuntutanzamandankompetensiyangdiharapkandimilikiolehgenerasidimasadepan.PenelitianinibertujuanuntukmengujikevalidanLKSBerbasisMultiliterasisebagaibahanajar.Kevalidanditinjaudarisegimateripenampilanmultiliterasidanrefleksipembelajaran.Validasidilakukanolehahlimateriahlimediadangurukelas3MIBirulUlumsebagaipengguna.Rancangandalampenelitianinimelaluitigatahapyaitutahapawaldesainprodukdanvalidasievaluasi.Tahapawalmeliputianalisiskebutuhananalisismateridananalisispengguna.Dalamtahapdesainprodukdilakukanpenentuanstrategipengembanganmateriajarpenentuankomponenlayoutdanproduksiawalproduk.Tahapterahiradalahvalidasidanevaluasiyangmeliputikonsultasiawalpenyusunaninstrumenevaluasiprodukvalidasidanrevisiprouksehinggamenghasilkanprodukakhiruntukdiujikankepadasiswakelas3MIBirulUlum.Berdasarkanhasilvalidasidanevaluasiolehahlimaterididapatkanpersentasekelayakansebesar95%olehahlimediasebesar9583%danolehgurukelassebagaipenggunadidapatkanpersentasekelayakansebesar9642%sehinggaLKSmemperolehpredikatsangatlayaksebagaibahanajar.AdapunsaranpenggunaanprodukadalahharusdimilikinyakemampuandasaroperasicomputeroelhguruketersediaanmediaLCDProyektordanpenguasaanmateriolehguru.