Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS materi denah dan peta SDN 02 Gedog Kulon Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Bhisma Gangga Siwi
Main Author: | Siwi, Bhisma Gangga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6745/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSiwiBhismaGangga.2017.PenerapanModelPembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanAktivitasDanPrestasiBelajarSiswaKelasIIIMataPelajaranIPSMateriDenahDanPetaSDN02GedogKulonKecamatanTurenKabupatenMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SukamtiM.Pd.(II)Dra.SitiUmayarohS.PdM.Pd.KataKunciPeningkatanAktivitasBelajarPrestasiBelajarModelNumberedHeadsTogether(NHT)IPSSDKecakapangurudanstrategipembelajaranpentingdalamprosespembelajaran.Adakalanyasiswalebihmudahmenerimainformasiyangdisampaikanolehtemannyadaripadayangdisampaikanolehgurunya.BerdasarkanhasilobservasidiSDN02GedogKulonditemukanbahwapadapembelajaransiswahanyadudukdiammendengarkanpenjelasanguruadasebagiansiswayangberbicarasendiridengantemansebangkunyasehinggasaatdiberipertanyaantidakmenjawabkarenatidakmemperhatikangurusaatmenjawabpertanyaanhanyabeberapasiswayangmendominasi.PenelitianinimenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogetheruntukmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdandenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Penelitiandilaksanakanmenggunakan2siklussetiapsiklusterdiri2pertemuan.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaraobservasidokumentasidantes.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupalembarobservasiaktivitasgurudansiswalembarkerjakelompoklembartesdanlembarpenilaian.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifkualitatifyangmeliputireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.PenelitiandilakukandiKelasIIISDN02GedogKulonKabupatenMalang.PenerapanmodelNumberedHeadsTogetherberdasakanhasilanalisisdatatersebutdiperolehhasilaktivitasgurupadasiklusImencapai85%aktivitassiswa73%.PadasiklusIIaktivitasgurumeningkatmenjadi100%aktivitassiswa87%.Sementaraituhasilbelajarsiswapadatahappratindakanketuntasanklasikalhanyamencapai25%dengannilairata-ratakelas5854.PadasiklusInilaiakhirsiswameningkatterbuktidariprosentaseketuntasanklasikalsiswamencapai395%denganrata-ratakelas6355.PadasiklusIIkembalimengalamipeningkatanyaituprosentaseketuntasanklasikalmencapai835%denganrata-ratakelas75.25.PenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanaktivitasdanprestasibelajarsiswakelasIIImatapelajaranIPSmateridenahdanpetaSDN02GedogKulonKecamatanTurenKabupatenMalang.DisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogetheragardalamprosespembelajaransemuasiswadapataktifdantidakadasiswayangmendominasi.