Penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa kelas III SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Yoga Ade Putra Martina
Main Author: | Martina, Yoga Ade Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6739/ |
Daftar Isi:
- viABSTRAKMartinaYogaAdePutra.2017.PenerapanStrategiPreviewQuestionReadReflectReciteReview(PQ4R)UntukMeningkatkanAktivitasMembacaPemahamanSiswaKelasIIISDNMadyopuro1KotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AchmadTaufiqM.Pd(II)Dra.MurtiningsihM.Pd.KataKuncistrategiPQ4RpeningkatanaktivitasmembacapemahamanBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasIIISDNMadyopuro1KotaMalangditemukanpermasalahandalammemahamisebuahteksbacaan.Dibuktikandenganmasihbingungdalammenjawabpertanyaansesuaiteksbacaandenganteksyangsudahdibaca.Berdasarkanhasiltesawal(pra-tes)padatahappratindakanterdapat22siswayangbelumtuntasdari40siswa.Sebagaiupayauntukmeningkatkankemampuanmembacapemahamanmakanyadiperlukanadanyatindakanyangmendukung.Salahsatunyaadalahmeningkatkanaktivitasmembacapemahamansiswa.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpenerapanstrategiPQ4RdalamaktivitasmembacapemahamandanmendeskripsikanpeningkatanaktivitasmembacapemahamansiswamenggunakanstrategiPQ4R.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakanduaputaranatausiklusyaitusiklusIdansiklusII.Tiapsiklusdilakukanduakalipertemuanpadamasing-masingsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaradokumentasipenilaianaktivitasdanpenilaianhasil.HasilpenilaianmenunjukkanbahwapenerapanstrategiPQ4Rdapatmeningkatkanaktivitasmembacapemahamansiswa.PersentasehasilaktivitasmembacapemahamansiswamenggunakanstrategiPQ4RpadasiklusIsebesar37%sedangkanpadasiklusIIdiperolehpersentasesebesar77%.SedangkanhasilbelajarsiswadalamaktivitasmembacapemahamanmenggunakanstrategiPQ4Rpadatahappratindakansebesar45%meningkatmenjadi47%padasiklusI.Kemudianmeningkatlagimenjadi57%padasiklusII.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanstrategiPQ4RdalamaktivitasmembacapemahamansiswakelasIIISDNMadyopuro1KotaMalangdapatmeningkatkanaktivitasmembacasiswadanhasilbelajarsiswa.Selainitujugamenambahpengetahuangurutentangberbagaimacamstrategisehinggapembelajarantidakmonoton.DisarankanguruuntukmenerapkanstrategiPQ4Rketikamembacapemahamanagarpengetahuansiswasemakinluassemakinbanyakinformasiyangdiperolehtentunyabisamenjawabpertanyaandenganbenardariteksbacaan.