Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi belajar siswa b;lilingual pada mata pelajaran IPA Bilingual kelas VIII-D di SMP Negeri 3 Sidoarjo / Triasih Janarti

Main Author: Janarti, Triasih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/671/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Janarti, Triasih. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Belajar Siswa Bilingual Kelas VIII-D pada Mata Pelajaran IPA Bilingual di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Susilaningsih , M.Pd (II) Arafah Husna , S.Pd, M.Med.Kom Kata Kunci: partisipasi belajar, siswa bilingual, pembelajaran IPA bilingual Latar belakang penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 3 Sidoarjo mengikuti bermacam tes untuk bisa belajar di kelas bilingual sehingga yang terpilih adalah siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Tetapi pada kenyataannya partisipasi belajar siswa di kelas tidak semua terlibat aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi belajar siswa di kelas bilingual dalam pembelajaran IPA bilingual. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa bilingual kelas VIII-D dan pembelajaran IPA bilingual. Data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara kepada siswa dan guru serta teknik observasi berupa aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Peneliti adalah instrumen utama dalam penelitian ini dan instrumen pendukungnya adalah panduan wawancara dan panduan observasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan teknik triangulasi sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu pertama, faktor karakteristik siswa antara lain memiliki kesulitan atau hambatan bahasa, tidak semua pelajaran IPA bilingual itu mudah, tidak memiliki rasa percaya diri, dan masalah pribadi yang mengganggu. Kedua, faktor persiapan kelas. Ketiga, faktor suasana kelas seperti sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran, kurangnya rasa menghargai dan menghormati antar teman, siswa lebih nyaman dan menyukai belajar dengan jumlah siswa <35 siswa atau belajar dengan berkelompok. Keempat, faktor pengajar seperti konten atau isi pelajaran IPA bilingual yang belum mampu membuat siswa terlibat aktif didalam proses pembelajaran di kelas. Serta kurangnya respon dan umpan balik yang dilakukan guru di kelas. Keempat, ABSTRACT Janarti, Triasih. 2017. Factors Affecting Bilingual Students Participation of VIII-D Grade on Bilingual Science at Junior High School 3 Sidoarjo. Thesis, Department of Educational Technology, Faculty of Education, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dra. Susilaningsih, M.Pd (II) Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom Keywords: Learning Participation, Bilingual Students, Bilingual Science Lesson The background of this research is students at Junior High School 3 Sidoarjo follow various of tests to be able to learn in bilingual class so the student who can enter in bilingual class is student who have ability above average. But in fact, the participation of students in the classroom is not all actively involve. The purpose of this research is to know the factors that influence bilingual students participation on bilingual science in a class. This research used descriptive design. The data sources used in this research are bilingual students of VIII-D grade and bilingual science learning. The data collected by interview techniques to bilingual students and teachers, and observation techniques are from billingual students and teacher activities in bilingual science learning. The researcher is the main instrument in this research and another instruments are interview and observation guides. To keep data validity, researcher used source triangulation technique. Data analysis started from data reduction, data presentation and conclusion. Based on the result of this research, it can be concluded that firstly, the characteristic factors of the students such as they have difficulty or language barrier, not all bilingual science lesson is easy, they not confidence, and personal problems. Secondly, prepared them self for the bilingual science lesson. Thirdly, classroom atmosphere factors such as infrastructure that support the learning processed, lacked of respect between friends, students prefer and comfortable learning with <35 students or studied in groups. Fourthly, lecturers such as content from bilingual science lessons that have not been able to made students actively involved in the learning processed at classroom. And the lacked of response and feedback that teachers did in the class.