Pengembangan multimedia tutorial mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan Sistem Ekskresi Manusia kelas VIII SMP / Sinthya Indriana

Main Author: Indriana, Sinthya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/670/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Indriana, Sinthya. 2017. Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd., (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T. Kata Kunci: multimedia, tutorial, sistem ekskresi manusia Salah satu komponen dalam pembelajaran yaitu media pembelajaran. Melalui perspektif teknologi pendidikan pengembang mencoba mengembangkan produk media yang dapat digunakan untuk membantu memecahkan permasalahan pembelajaran yang ada. Ilmu Pengetahuan Alam adalah salah satu mata pelajaran di SMP yang mempelajari tentang alam dan isinya. Dalam pembelajaran IPA di kelas guru menjelaskan materi dengan metode konvensional, sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Guru masih menemukan permasalahan dalam pembelajaran di kelas seperti, susahnya memberikan gambaran atau visualisasi materi yang tidak bisa ditampilkan secara langsung seperti materi yang berkaitan dengan organ-organ manusia. Berdasarkan permasalahan tersebut pengembang memutuskan untuk mengembangkan multimedia tutorial. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia tutorial sistem ekskresi manusia yang valid yang dapat membantu guru dalam mengajar siswa di kelas VIII SMPN 21 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan William W. Lee dan Diana L. Owens. Adapun tahapan tersebut antara lain: (1) tahap analisis; (2) desain; (3) pengembangan dan implementasi; (4) evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas VIII SMPN 21 Malang yang pernah yang mengikuti mata pelajaran IPA sistem ekskresi manusia. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif. Hasil dari data yang diperoleh melalui validasi yaitu, ahli media 95,88%, ahli materi 92,54%, uji coba perseorangan 92,5%, uji coba kelompok kecil 84,68%, dan uji coba lapangan 89,29%. Maka dapat dikatakan multimedia tutorial sistem ekskresi manusia ini memenuhi kriteria valid. Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran IPA adalah pada pembelajaran selanjutnya dapat menggunakan multimedia ini sehingga siswa memperoleh sumber belajar yang maksimal. Bagi pengembang selanjutnya agar dalam mengembangkan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran, lebih bervariasi, lebih baik dan menarik. ABSTRACT Indriana, Sinthya. 2017. Developing A Multimedia Tutorial of Science in Human Excretion System for 8th Grade Junior High School. Thesis, Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang, Advisor (I) Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd., (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T. Keywords: multimedia, tutorial, excretion system Instructional media as a part of learning. The developers through perspective of education technology trying to develop instructional media that can be used to help solve problems existing learning. Science is one of the subjects of junior high school to learn about the nature and its contents. In science learning in the classroom teacher explain the material using conventional methods, so that the teacher-centered learning. Teachers still find problems in the classroom such as, difficulties provide an overview or visualization of material that can not be displayed directly like materials related to human organs. Based on these problems developer decides to develop multimedia tutorial. The purpose of this development is to produce multimedia tutorial of excretion system are valid to help teachers in teaching students in class VIII grades in SMPN 21 Malang. The method used in this research is the approach to research and development by William W. Lee and Diana L. Owens. The stages include: (1) Analaysis; (2) Design; (3) Development and Implementation; (4) Evaluation. Subjects in the validation study are students of class VIII SMPN 21 Malang ever that follow subjects science excretion system in humans. Data types used is quantitative data. The result of the development of multimedia tutorial in the human excretion system is valid criteria namely, 95,88% media expert, material expert 92,54%, individual trials 92,5%, small group trials 84,68%, and the main field trials 89,29%. Suggestions submitted to teachers of science is the study can then use this multimedia so that students obtain the maximum learning resources. For developers to develop further in order to adjust to the learning objectives, more varied, better and more interesting.