Pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Kabupaten Berau tema Daerah Tempat Tinggalku pada muatan pembelajaran IPS untuk kelas IV sekolah dasar / Didit Satya Prayogi

Main Author: Prayogi, Didit Satya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/66049/
Daftar Isi:
  • vABSTRAKPrayogiDiditSatya.2019.PengembanganMultimediaInteraktifBerbasisKearifanLokalKabupatenBerauTemaDaerahTempatTinggalkuPadaMuatanPembelajaranIPSUntukKelasIVSekolahDasar.Tesis.JurusanPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si.(2)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.KataKunciMultimediaInteraktifKearifanLokalKabupatenBerauBangsaIndonesiaadalahbangsayangmemilikiberagamkebudayaandankearifanlokaldarisetiapdaerahnyakhususnyakearifanlokaldidaerahKabupatenBerau.Seiringdengankemajuanzamandimanapenggunaanteknologiinformatikamenjadikeharusandidalamprosespendidikanmenginternalisasikannilanilaikearifanlokaltersebutkedalammateripembelajarandenganmemanfaatkanmultimediadiharapkandapatmenjadikansiswalebihkritisdanmerasabanggaterhadapbudayalokal.TujuanpenelitiandanpengembanganiniialahuntukmenghasilkanmultimediainteraktifberbasiskearifanlokalKabupatenBerauyangvalidmenarikprakisdalnefektifuntukmenunjangprosespembelajaran.PenelitiandanpengembangandilaksanakandiSDN002TanjungredebKabupatenBeraumenggunakanmodelpengembanganmultimediayangmerujukkepadamodelLeeOwenyangmemiliki5tahap.Tahapantersebutadalahanalysisdesigndevelopmentimplementationdanevaluation.ProdukyangdihasilkanberupaaplikasimultimediainteraktifberbasiskearifanlokalKabupatenBerau.prosestahapanujicobaprodukmenunjukanhasilskortotalpersentasekevalidanyangdiperolehdariahlimediasebanyak9826%hasilskortotalpersentasekevalidanyangdiperolehdariahlimaterisebanyak9368%.Darihasilskorvalidasitersebutprodukyangdikembanganmemenuhikriteriasangatvalidsehinggadapatdigunakantanparevisi.Hasilujikelompokkecilterhadapaspekkemenarikandanaspekkepraktisanmenunjukanhasilsesuaiyangdiharapkanbahwaprodukmultimediainteraktifmemenuhikriteriasebagaiprodukyangmenarikdanpraktisuntukdigunakan.PadapelaksanaanujicobalapanganterhadapsiswakelasIVmultimediainteraktifberbasiskearifanlokalKabupatenBeraumerupakanmediapembelajaranyangmenarikdanpraktis.Rataratatotalskorkeefektifansecarakeseluruhanterlihatpeningkatanyangpostifdaritesevaluasipre-testdibandingkandengantesevaluasipost-testmenggunakanmultimediainteraktifberbasiskearifanlokaldenganpersentasehasilsebanyak8678%telahmemenuhikriteriaketuntasanminimal(KKM)70.PeningkatanhasilbelajarsertaresponyangmeyakinkandarisiswakelasIVSDN002Tanjungredebmenunjukanbahwamultimediainteraktifyangdikembangkandalampenelitianinitepatsasarandanmemilikibanyakmanfaat.Multimediainteraktifmenunjangguruuntukmenghadirkanpembelajaranbermaknadankontestualdenganlingkungansiswasehinggaprestasibelajardapatmeningkatdanmenambahwawasansiswaterhadapbudayadidaerahnya