Pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Kabupaten Berau tema Daerah Tempat Tinggalku pada muatan pembelajaran IPS untuk kelas IV sekolah dasar / Didit Satya Prayogi
Main Author: | Prayogi, Didit Satya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/66049/ |
Daftar Isi:
- vABSTRAKPrayogiDiditSatya.2019.PengembanganMultimediaInteraktifBerbasisKearifanLokalKabupatenBerauTemaDaerahTempatTinggalkuPadaMuatanPembelajaranIPSUntukKelasIVSekolahDasar.Tesis.JurusanPendidikanDasarProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SugengUtayaM.Si.(2)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.KataKunciMultimediaInteraktifKearifanLokalKabupatenBerauBangsaIndonesiaadalahbangsayangmemilikiberagamkebudayaandankearifanlokaldarisetiapdaerahnyakhususnyakearifanlokaldidaerahKabupatenBerau.Seiringdengankemajuanzamandimanapenggunaanteknologiinformatikamenjadikeharusandidalamprosespendidikanmenginternalisasikannilanilaikearifanlokaltersebutkedalammateripembelajarandenganmemanfaatkanmultimediadiharapkandapatmenjadikansiswalebihkritisdanmerasabanggaterhadapbudayalokal.TujuanpenelitiandanpengembanganiniialahuntukmenghasilkanmultimediainteraktifberbasiskearifanlokalKabupatenBerauyangvalidmenarikprakisdalnefektifuntukmenunjangprosespembelajaran.PenelitiandanpengembangandilaksanakandiSDN002TanjungredebKabupatenBeraumenggunakanmodelpengembanganmultimediayangmerujukkepadamodelLeeOwenyangmemiliki5tahap.Tahapantersebutadalahanalysisdesigndevelopmentimplementationdanevaluation.ProdukyangdihasilkanberupaaplikasimultimediainteraktifberbasiskearifanlokalKabupatenBerau.prosestahapanujicobaprodukmenunjukanhasilskortotalpersentasekevalidanyangdiperolehdariahlimediasebanyak9826%hasilskortotalpersentasekevalidanyangdiperolehdariahlimaterisebanyak9368%.Darihasilskorvalidasitersebutprodukyangdikembanganmemenuhikriteriasangatvalidsehinggadapatdigunakantanparevisi.Hasilujikelompokkecilterhadapaspekkemenarikandanaspekkepraktisanmenunjukanhasilsesuaiyangdiharapkanbahwaprodukmultimediainteraktifmemenuhikriteriasebagaiprodukyangmenarikdanpraktisuntukdigunakan.PadapelaksanaanujicobalapanganterhadapsiswakelasIVmultimediainteraktifberbasiskearifanlokalKabupatenBeraumerupakanmediapembelajaranyangmenarikdanpraktis.Rataratatotalskorkeefektifansecarakeseluruhanterlihatpeningkatanyangpostifdaritesevaluasipre-testdibandingkandengantesevaluasipost-testmenggunakanmultimediainteraktifberbasiskearifanlokaldenganpersentasehasilsebanyak8678%telahmemenuhikriteriaketuntasanminimal(KKM)70.PeningkatanhasilbelajarsertaresponyangmeyakinkandarisiswakelasIVSDN002Tanjungredebmenunjukanbahwamultimediainteraktifyangdikembangkandalampenelitianinitepatsasarandanmemilikibanyakmanfaat.Multimediainteraktifmenunjangguruuntukmenghadirkanpembelajaranbermaknadankontestualdenganlingkungansiswasehinggaprestasibelajardapatmeningkatdanmenambahwawasansiswaterhadapbudayadidaerahnya