Penerapan model pembelajaran kooperatif round table dan carousel feedback untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Besuki Situbondo / Erita Febri Lestari
Main Author: | Lestari, Erita Febri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/66045/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLestariEritaFebri.2019.PenerapanModelPembelajaranKooperatifRoundtabledanCarouselFeedbackuntukMeningkatkanKeterampilanSosialdanHasilBelajarIPSSiswaKelasIVSDNegeri3BesukiSitubondo.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MohammadZainuddinM.Pd.(2)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.Ed.M.Si.KataKunciroundtablecarouselfeedbackketerampilansosialhasilbelajarIPSBerdasarkanhasilobservasidikelasIVSDNegeri3Besukiditemukanbahwaketerampilansosialsiswamasihrendah.Haliniditunjukkanpadasaatdiskusikelompoksiswamasihbekerjasecaraindividuhanyamaubekerjasamadengansesamsiswayangmilikikemampuanakademiklebihtinggi.Siswatidaksalingmembantumenyelesaikantugas.HasilbelajarsiswamenunjukkannilaiyangrendahyaitupadaUTS424%atau14siswadari33siswamemperolehnilaidiatasKKMsedangkansebanyak575%atau19siswabelummencapaiKKM.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatifroundtabledancarouselfeedbackuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNegeri3Besuki.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridaritigatahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaandantindakandan(3)refleksi.Penelitiandilakukansebanyak2siklusdansetiapsiklusterdiridari4pertemuan.PenelitiandilaksanakandiSDNegeri3BesukiSitubondotahunajaran2018/2019subjekpenelitiankelasIV.DatayangdiperolehyaituketerlaksanaanmodelpembelajarandataketerampilansosialsiswadanhasilbelajarmuatanIPS.InstrumentyangdigunakanyaitupedomanobservasiketerlaksaanmodelpembelajaranpedomanobservasiketerampilansosialangketketerampilansosialdanteshasilbelajarmuatanIPS.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifRoundTabledanCarouselFeedbackterlaksanadenganbaikdanmengalamipeningkatansetiapsiklus.Hasilangketketerampilansosialsiswamengalamipeningkatandari7409%padasiklusImenjadi8230%padasiklusII.HasilbelajarmuatanIPSsiswajugamengalamipeningkatanyaitu64%padasiklusImenjadi82%padasiklusII.BerdasakanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifRoundTabledanCarouselFeedbackdapatmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNegeri3BesukiSitubondo.Saranyangdiajukanyaitupadapenerapanmodelpembelajaranguruharusdapatmengondisikankelasagarsiswadapatmemahamipenjelasangurutentangtahapanmodelpembelajarandenganbaik.