Penerapan model pembelajaran kooperatif round table dan carousel feedback untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Besuki Situbondo / Erita Febri Lestari

Main Author: Lestari, Erita Febri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/66045/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLestariEritaFebri.2019.PenerapanModelPembelajaranKooperatifRoundtabledanCarouselFeedbackuntukMeningkatkanKeterampilanSosialdanHasilBelajarIPSSiswaKelasIVSDNegeri3BesukiSitubondo.Tesis.ProgramStudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MohammadZainuddinM.Pd.(2)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.Ed.M.Si.KataKunciroundtablecarouselfeedbackketerampilansosialhasilbelajarIPSBerdasarkanhasilobservasidikelasIVSDNegeri3Besukiditemukanbahwaketerampilansosialsiswamasihrendah.Haliniditunjukkanpadasaatdiskusikelompoksiswamasihbekerjasecaraindividuhanyamaubekerjasamadengansesamsiswayangmilikikemampuanakademiklebihtinggi.Siswatidaksalingmembantumenyelesaikantugas.HasilbelajarsiswamenunjukkannilaiyangrendahyaitupadaUTS424%atau14siswadari33siswamemperolehnilaidiatasKKMsedangkansebanyak575%atau19siswabelummencapaiKKM.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatifroundtabledancarouselfeedbackuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNegeri3Besuki.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridaritigatahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaandantindakandan(3)refleksi.Penelitiandilakukansebanyak2siklusdansetiapsiklusterdiridari4pertemuan.PenelitiandilaksanakandiSDNegeri3BesukiSitubondotahunajaran2018/2019subjekpenelitiankelasIV.DatayangdiperolehyaituketerlaksanaanmodelpembelajarandataketerampilansosialsiswadanhasilbelajarmuatanIPS.InstrumentyangdigunakanyaitupedomanobservasiketerlaksaanmodelpembelajaranpedomanobservasiketerampilansosialangketketerampilansosialdanteshasilbelajarmuatanIPS.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifRoundTabledanCarouselFeedbackterlaksanadenganbaikdanmengalamipeningkatansetiapsiklus.Hasilangketketerampilansosialsiswamengalamipeningkatandari7409%padasiklusImenjadi8230%padasiklusII.HasilbelajarmuatanIPSsiswajugamengalamipeningkatanyaitu64%padasiklusImenjadi82%padasiklusII.BerdasakanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifRoundTabledanCarouselFeedbackdapatmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajarIPSsiswakelasIVSDNegeri3BesukiSitubondo.Saranyangdiajukanyaitupadapenerapanmodelpembelajaranguruharusdapatmengondisikankelasagarsiswadapatmemahamipenjelasangurutentangtahapanmodelpembelajarandenganbaik.