Peningkatan hasil belajar IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia melalui model role playing pada siswa kelas V SDN Sentul 4 Kota Blitar / Yunita Nurlaila Sari

Main Author: Sari, Yunita Nurlaila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/6595/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariYunitaNurlaila.2017.PeningkatanHasilBelajarIPSMateriPersiapanKemerdekaanIndonesiamelaluiModelRolePlayingpadaSiswaKelasVSDNSentul4KotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriMurdiyahM.Pd(II)SuminahS.Pd.M.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajaripsroleplayingPeningkatanmerupakansuatuperubahanuntukmenjadilebihbaik.Suatupeningkatansangatlahpentingdidalamkegiatanpembelajaranbaikdarisegiprosesmaupunhasil.Hasilbelajarsendirimerupakansegalabentukkemampuanyangdidapatsiswasetelahmengikutiprosespembelajaran.BerdasarkanhasilobservasipadakelasVSDNSentul4KotaBlitarperluadanyapeningkatandalamhasilbelajarmatapelajaranIPSmateripersiapankemerdekaanIndonesia.Halinidikarenakan71%siswamendapatkannilaikurangdariKriteriaKetuntasanMinimal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelRolePlayingdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmatapelajaranIPSmateripersiapankemerdekaanIndonesia.PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitianyaituPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianinidilaksanakanselamaduasiklusyaitusiklusIdansiklusIIdenganmasing-masingsiklusterdiridaripertemuan1danpertemuan2.Pengumpulandatadilakukanmenggunakanobservasitesdokumentasidancatatanlapangan.Hasilyangdiperolehdaripenelitianiniyaituadanyapeningkatanpadaaktivitasguruaktivitassiswadanketuntasanbelajarklasikal.Ditunjukkandenganpeningkatanpersentaseketuntasanaktivitasgurudari89%padasiklusImenjadi100%padasiklusII.Peningkatanpersentaseketuntasanaktivitassiswadari725%padasiklusImenjadi100%padasiklusII.Sedangkanketuntasanbelajarklasikalsaatpratindakansebesar28%mengalamipeningkatanmenjadi38%padasiklusIdanberakhirpadaangka94%padasiklusII.Darijumlahsiswa34sebanyakduasiswatidaktuntas.KesimpulanyangbisadiperolehdaripenelitianiniyaitupenerapanmodelRolePlayingpadamatapelajaranIPSmateripersiapankemerdekaanIndonesiadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNSentul4KotaBlitar.DisarankankepadaguruyanginginmeningkatkanhasilbelajarIPSmateripersiapankemerdekaanIndonesiahendaknyamenerapkanmodelRolePlaying.