Peningkatan hasil belajar IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia melalui model role playing pada siswa kelas V SDN Sentul 4 Kota Blitar / Yunita Nurlaila Sari
Main Author: | Sari, Yunita Nurlaila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6595/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSariYunitaNurlaila.2017.PeningkatanHasilBelajarIPSMateriPersiapanKemerdekaanIndonesiamelaluiModelRolePlayingpadaSiswaKelasVSDNSentul4KotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriMurdiyahM.Pd(II)SuminahS.Pd.M.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajaripsroleplayingPeningkatanmerupakansuatuperubahanuntukmenjadilebihbaik.Suatupeningkatansangatlahpentingdidalamkegiatanpembelajaranbaikdarisegiprosesmaupunhasil.Hasilbelajarsendirimerupakansegalabentukkemampuanyangdidapatsiswasetelahmengikutiprosespembelajaran.BerdasarkanhasilobservasipadakelasVSDNSentul4KotaBlitarperluadanyapeningkatandalamhasilbelajarmatapelajaranIPSmateripersiapankemerdekaanIndonesia.Halinidikarenakan71%siswamendapatkannilaikurangdariKriteriaKetuntasanMinimal.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelRolePlayingdanmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmatapelajaranIPSmateripersiapankemerdekaanIndonesia.PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitianyaituPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianinidilaksanakanselamaduasiklusyaitusiklusIdansiklusIIdenganmasing-masingsiklusterdiridaripertemuan1danpertemuan2.Pengumpulandatadilakukanmenggunakanobservasitesdokumentasidancatatanlapangan.Hasilyangdiperolehdaripenelitianiniyaituadanyapeningkatanpadaaktivitasguruaktivitassiswadanketuntasanbelajarklasikal.Ditunjukkandenganpeningkatanpersentaseketuntasanaktivitasgurudari89%padasiklusImenjadi100%padasiklusII.Peningkatanpersentaseketuntasanaktivitassiswadari725%padasiklusImenjadi100%padasiklusII.Sedangkanketuntasanbelajarklasikalsaatpratindakansebesar28%mengalamipeningkatanmenjadi38%padasiklusIdanberakhirpadaangka94%padasiklusII.Darijumlahsiswa34sebanyakduasiswatidaktuntas.KesimpulanyangbisadiperolehdaripenelitianiniyaitupenerapanmodelRolePlayingpadamatapelajaranIPSmateripersiapankemerdekaanIndonesiadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVSDNSentul4KotaBlitar.DisarankankepadaguruyanginginmeningkatkanhasilbelajarIPSmateripersiapankemerdekaanIndonesiahendaknyamenerapkanmodelRolePlaying.