Peningkatan kemampuan menemukan pokok pikiran dalam paragraf melalui model cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas IV SDN Beru 3 Kabupaten Blitar / Fira Hernanda Seran

Main Author: Seran, Fira Hernanda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/6585/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSeranFiraHernanda.2017.PeningkatanKemampuanMenemukanPokokPikiranDalamParagrafMelaluiModelCoopertaiveIntegratedReadingandCompositionPadaSiswaKelasIVSDNBeru3KabupatenBlitar.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AlifMudionoM.Pd(II)Dra.Hj.LilikBintartikM.Pd.KataKunciCIRCkemampuanpokokpikiranBerdasarkanhasilpengamatankegiatanpembelajaranBahasaIndonesiamaterimenemukanpokokpikirandalamparagrafterdapatbeberapapermasalahandiantaranyapembelajaranhanyamenggunakanmetodeceramahdikelaskemu-diansiswamengerjakansoalsecaraindividuyangmengakibatkansiswayangbelummampumenjadilebihtertinggaldalammenerimapelajaran.Gurudalammenyampaikanmateripembelajarankurangmenerapkaninovasipembelajaransehinggasiswaakancepatmerasabosandantidakmemahamidenganbaikmateriyangdiberikanolehguru.Hasilyangdiperolehdari10siswahanya4(40%)siswatuntasbelajardan6(60%)belummemenuhikriteriaketuntasanminimalyaitu75.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpenerapanmodelCIRCdanpeningkatankemampuanmenemukanpokokpikirandalamparagrafmelaluimodelCIRCpadasiswakelasIVSDNBeru3KabupatenBlitar.PendekatanpenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam2siklusyangterdiridari2pertemuanpadasetiapsiklusnya.Setiapsiklusdilaksanakanmelalui4tahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniterdiriatasobservasitesdokumentasidancatatanlapangan.Teknikanalisiyangdigunakanyaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatansecarabertahaphasilaktivitasgurusiklusImemperolehpersentase71%(cukup)danmeningkatpadasiklusIImenjadi89%(baik).SedangkanaktivitassiswasiklusImemperoleh66%(kurang)dansiklusIImemperoleh77%(cukup).KemampuansiswamenemukanpokokpikirandalamparagrafsiklusImemperolehrata-ratanilaisebesar62dengantingkatketuntasan10%(sangatkurang)meningkatmenjadi20%(sangatkurang).PadasiklusIIrata-ratanilaisebesar755tingkatketuntasanmencapai60%(kurang)danmeningkatmenjadi90%(sangatbaik).KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanCIRCtelahditerapkandenganbenarberdampakpadameningkatnyaaktifitasgurudansiswaKemampuansiswadalammenemukanpokokpikirandalamparagrafjugameningkat.DisarankankedepannyaguruuntukmenerapakanmodelCIRCagarmenciptakanpembelajarnyangaktifsehinggadapatmeningkatkankemampuanmenemukanpokokpikirandalamparagrafpadasiswasiswa.