Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model make a match kelas VD SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Susanti Dwi Lestari

Main Author: Lestari, Susanti Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/6580/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLestariSusantiDwi.2017.PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriPecahanMelaluiModelMakeAMatchKelasVDSDNPakunden2KotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramS1PendidikanGuruSekolahDasar.DosenPembimbing(I)SuminahS.Pd.M.Pd(II)Drs.SunyotoS.Pd.M.SiKatakuncimatematikapecahanhasilbelajarmodelMakeAMatchPenelitininidilaksanakandiSDNPakunden2KotaBlitarpadasiswakelasVDyangberjumlah28siswaterdiridari15siswalaki-lakidan13siswaperempuan.Penelitianinidilatarbelakangikarenasebagianbesarsiswatidakmenguasaioperasihitungperkaliansehinggasulituntukmenyelesaikanoperasihitungpecahan.Dengandemikianmenyebabkanhasilbelajarmatematikatidakmampumencapaiketuntasanbelajarbaiksecaraindividumaupunklasikal.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswamelaluimodelMakeAMatch.PenelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdanjenispenelitianyangdigunakanadalahPTKyangterdiridariduasiklusmasing-masingterdiridariduapertemuan.Tiapsiklusdilakukandengantahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganobservasitescatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranMakeAMatchpadapembelajaranmatematikamateripecahandikelasVDSDNPakunden2KotaBlitardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Terlihatpadapratindakanpersentseketuntasanbelajarklasikalsiswasebesar32%padasiklusIrata-ratapersentaseketuntasanbelajarkalasikalsiswameningkatmenjadi66%danpadasiklusIImeningkatlagimenjadi90%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamodelMakeAMatchdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamaterimengubahmenjumlahkandanmengurangkanpecahanpadasiswakelasVDSDNPakunden2KotaBlitar.UntukitudiharapkangurumenggunakanmodelMakeAMatchdalampembelajaranmatematikasehinggasiswalebihaktifmengikutipembelajarandanmemperolehhasilbelajaryangmaksimaldansebagaisalahsatusolusiataualternativebahanpertimbagandalamperbaikandanpeningkatanpembelajarandanhasilbelajarsiswa.