Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model make a match kelas VD SDN Pakunden 2 Kota Blitar / Susanti Dwi Lestari
Main Author: | Lestari, Susanti Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6580/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLestariSusantiDwi.2017.PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriPecahanMelaluiModelMakeAMatchKelasVDSDNPakunden2KotaBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramS1PendidikanGuruSekolahDasar.DosenPembimbing(I)SuminahS.Pd.M.Pd(II)Drs.SunyotoS.Pd.M.SiKatakuncimatematikapecahanhasilbelajarmodelMakeAMatchPenelitininidilaksanakandiSDNPakunden2KotaBlitarpadasiswakelasVDyangberjumlah28siswaterdiridari15siswalaki-lakidan13siswaperempuan.Penelitianinidilatarbelakangikarenasebagianbesarsiswatidakmenguasaioperasihitungperkaliansehinggasulituntukmenyelesaikanoperasihitungpecahan.Dengandemikianmenyebabkanhasilbelajarmatematikatidakmampumencapaiketuntasanbelajarbaiksecaraindividumaupunklasikal.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswamelaluimodelMakeAMatch.PenelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdanjenispenelitianyangdigunakanadalahPTKyangterdiridariduasiklusmasing-masingterdiridariduapertemuan.Tiapsiklusdilakukandengantahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganobservasitescatatanlapangandandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranMakeAMatchpadapembelajaranmatematikamateripecahandikelasVDSDNPakunden2KotaBlitardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Terlihatpadapratindakanpersentseketuntasanbelajarklasikalsiswasebesar32%padasiklusIrata-ratapersentaseketuntasanbelajarkalasikalsiswameningkatmenjadi66%danpadasiklusIImeningkatlagimenjadi90%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamodelMakeAMatchdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamaterimengubahmenjumlahkandanmengurangkanpecahanpadasiswakelasVDSDNPakunden2KotaBlitar.UntukitudiharapkangurumenggunakanmodelMakeAMatchdalampembelajaranmatematikasehinggasiswalebihaktifmengikutipembelajarandanmemperolehhasilbelajaryangmaksimaldansebagaisalahsatusolusiataualternativebahanpertimbagandalamperbaikandanpeningkatanpembelajarandanhasilbelajarsiswa.