Peningkatan hasil belajar siswa materi FPB dan KPK melalui model numbered heads together di kelas IV SD Negeri Sumberagung 01 Kabupaten Blitar / Angesti Reno Andewi

Main Author: Andewi, Angesti Reno
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/6570/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAndewiAngestiReno.2017.PeningkatanHasilBelajarSiswaMateriFPBdanKPKmelaluiModelNumberedHeadsTogetherdiKelasIVSDNegeriSumberagung01KabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.M.ZainuddinM.Pd.(II)Drs.SunyotoS.Pd.M.Si.KataKuncipeningkatanhasilbelajarmodelNumberedHeadsTogetherHasilobservasiyangdilakukandikelasIVSDNegeriSumberagung01KabupatenBlitardiketahuibahwaterdapatpermasalahansebagaiberikut.(1)hasilbelajarmatematikasiswamasihrendahditunjukkandengan11siswaatau61%siswakelasIVtidaktuntasbelajarkriteriaketuntasanminimal(KKM)yangtelahditetapkanyaitu65(2)siswakurangbersemangatmengikutipembelajarandansikapkerjasamaantarsiswamasihrendahhaliniditunjukkandenganbanyaknyasiswayanghanyadiamdansebagiansiswaramaisendiriselamaprosespembela-jaranberlangsung(3)siswakurangdiberdayakansehinggapembelajaranterpusatdanlebihdidominasiolehguru(4)gurutidakmenggunakanmediaataupunmo-delpembelajaranyangdapatmenujangkeberhasilanpembelajaransehinggasiswamengalamikesulitandalammemahamimateri.Sebagaiupayamemperbaikikea-daantersebutdilakukanpenelitiantindakankelasdenganmenerapkanmodelNumberedHeadsTogetherpadamateriFPBdanKPKdikelasIVSDNegeriSumberagung01KabupatenBlitar.PenelitianTindakanKelas(PTK)yangdigunakandalampenelitianinime-rupakanPTKdenganpendekatankualitatif.ProsedurPTKiniterdiridariduasi-klusmasing-masingsiklusterdiridari2pertemuanyangmeliputiperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.HasilpenelitiandenganmenerapkanmodelNumberedHeadsTogetherda-patberjalandenganbaikdanmengalamipeningkatan.PadasiklusIrata-rataper-sentasekeberhasilanaktivitasgurusebesar825%dengankategoribaikmening-katmenjadi975%dengankategorisangatbaikpadasiklusII.Persentasekeber-hasilanaktivitassiswa715%dengankategoricukupbaikpadasiklusIImening-katmenjadi835%dengankategoribaik.Sementaraitunilairata-ratahasilbelajarsiswapadatahappratindakanadalah63denganketuntasanklasikalsebesar39%ketuntasaninidikategorikantidakbaik.PadasiklusInilairata-ratahasilbelajarsiswameningkatmenjadi64ketuntasanbelajarklasikalsebesar585%dengankategoritidakbaik.PadasiklusIInilairata-ratasiswameningkatmenjadi74de-nganketuntasanbelajarklasikalsebesar75%yangmasukkedalamkategoricukupbaik.HasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelNHTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriFPBdanKPKdikelasIVSDNegeriSumberagung01KabupatenBlitar.Disarankankepadaguruuntukmene-rapkanmodelNHTsebagaisalahsatualternatifbahanpertimbangandalamper-baikandanpeningkatankualitaspembelajaransertahasilbelajarmatematika.