Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas III SDN Ampeldento 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Lia Rizqi Amalia

Main Author: Amalia, Lia Rizqi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/6553/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAmaliaLiaRizqi.2017.PenerapanModelQuantumTeachingUntukMeningkatkanPembelajaranIPAdiKelasIIISDNAmpeldento2KecamatanKarangplosoKabupatenMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SukamtiM.Pd(II)Drs.DimyatiS.Pd.M.Pd.KatakuncihasilbelajarIPAQuantumTeaching.RendahnyakeberhasilanpadapembelajaranIPAdikelasIIISDNAmpeldento2KecamatanKarangplosoKabupatenMalangdisebabkanolehresponsiswaterhadapapayangdisampaikangurusangatrendahsiswamasihbelumpahamtentangmaterisecaramendalamsiswamudahkehilangankonsentrasidalambelajarsertagurucenderungmenggunakanmetodeceramah.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenggunaanmodelpembelajaranQuantumTeachingdalammeningkatkanpembelajaranIPAsiswakelasIIIsekolahdasardanmeningkatkanpembelajaranIPApadasiswakelasIIIsekolahdasar.Pendekatanpenelitianiniyaitukualitatifdenganmenggunakanjenismetodepenelitiandeskripstif.Jenispenelitindeskriptifyangdigunakanyaitupenelitiantindakankelas(PTK).PenelitiantindakankelasinidifokuskandipadamatapelajaranIPA.Pengumpulandatadilakukandenganurutanperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Instrumenyangdigunakanmengumpulkandatayaitudenganobservasidokumentasidantes.Untukmenjagakeabsahandatadilakukanketelitianataukecermatan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwauntukhasilkeberhasilangurudalammenerapkanmodelQuantumTeachingpeningkatanaktivitassiswapeningkatanhasilbelajarsiswadanketuntasanhasilbelajarsiswapadasiklusIpertemuan1sampaidengansiklusIIpertemuan2mengalamipeningkatan.DanmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranQuantumTeachingdapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarIPAdikelasIIISDNAmpeldento2KecamatanKarangplosoKabupatenMalang.Pemilihanmodelpembelajaranyangtepatmerupakanalternatifyangdapatditempuh.QuantumTeachingmerupakansuatupembelajaranyangmenuntutguruuntukmenciptakanlingkunganbelajaryangefektifdengancaramenggunakanunsuryangadapadadirisiswadanlingkunganbelajarnyamelaluiinteraksiyangterjadididalamkelas.Makasiswaakanbelajardenganmengalamilangsungdanpembelajaranakanlebihmenyenangkan.Kesimpulandalampenelitianiniyaitupembelajaranmenjadiberpusatpadasiswasehinggasiswasendiriyangmenemukankonsep-konsepIPAdangurulebihbertindaksebagaifasilitator.Aktivitas-aktivitastersebutmeliputi(a)responsiswa(b)percobaan(c)pengkonsepanpengetahuan(d)demonstrasi(e)merangkumdan(f)merayakan.