Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas III SDN Ampeldento 2 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Lia Rizqi Amalia
Main Author: | Amalia, Lia Rizqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6553/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAmaliaLiaRizqi.2017.PenerapanModelQuantumTeachingUntukMeningkatkanPembelajaranIPAdiKelasIIISDNAmpeldento2KecamatanKarangplosoKabupatenMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SukamtiM.Pd(II)Drs.DimyatiS.Pd.M.Pd.KatakuncihasilbelajarIPAQuantumTeaching.RendahnyakeberhasilanpadapembelajaranIPAdikelasIIISDNAmpeldento2KecamatanKarangplosoKabupatenMalangdisebabkanolehresponsiswaterhadapapayangdisampaikangurusangatrendahsiswamasihbelumpahamtentangmaterisecaramendalamsiswamudahkehilangankonsentrasidalambelajarsertagurucenderungmenggunakanmetodeceramah.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenggunaanmodelpembelajaranQuantumTeachingdalammeningkatkanpembelajaranIPAsiswakelasIIIsekolahdasardanmeningkatkanpembelajaranIPApadasiswakelasIIIsekolahdasar.Pendekatanpenelitianiniyaitukualitatifdenganmenggunakanjenismetodepenelitiandeskripstif.Jenispenelitindeskriptifyangdigunakanyaitupenelitiantindakankelas(PTK).PenelitiantindakankelasinidifokuskandipadamatapelajaranIPA.Pengumpulandatadilakukandenganurutanperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Instrumenyangdigunakanmengumpulkandatayaitudenganobservasidokumentasidantes.Untukmenjagakeabsahandatadilakukanketelitianataukecermatan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwauntukhasilkeberhasilangurudalammenerapkanmodelQuantumTeachingpeningkatanaktivitassiswapeningkatanhasilbelajarsiswadanketuntasanhasilbelajarsiswapadasiklusIpertemuan1sampaidengansiklusIIpertemuan2mengalamipeningkatan.DanmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranQuantumTeachingdapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajarIPAdikelasIIISDNAmpeldento2KecamatanKarangplosoKabupatenMalang.Pemilihanmodelpembelajaranyangtepatmerupakanalternatifyangdapatditempuh.QuantumTeachingmerupakansuatupembelajaranyangmenuntutguruuntukmenciptakanlingkunganbelajaryangefektifdengancaramenggunakanunsuryangadapadadirisiswadanlingkunganbelajarnyamelaluiinteraksiyangterjadididalamkelas.Makasiswaakanbelajardenganmengalamilangsungdanpembelajaranakanlebihmenyenangkan.Kesimpulandalampenelitianiniyaitupembelajaranmenjadiberpusatpadasiswasehinggasiswasendiriyangmenemukankonsep-konsepIPAdangurulebihbertindaksebagaifasilitator.Aktivitas-aktivitastersebutmeliputi(a)responsiswa(b)percobaan(c)pengkonsepanpengetahuan(d)demonstrasi(e)merangkumdan(f)merayakan.