Peningkatan keterampilan menemukan kalimat utama dalam paragraf melalui model cooperative integrated, raeding, and composition pada siswa kelas IV SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Fajar Riza Anindyka
Main Author: | Anindyka, Fajar Riza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6545/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnindykaFajarRiza.2017.PeningkatanKeterampilanMenemukanKalimatUtamadalamParagrafmelaluiModelCooperativeIntegratedReadingandCompositionpadaSiswaKelasIVSDNWonorejo02KabupatenBlitar.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SutansiM.Pd(2)Dra.LilikBintartikM.PdKataKuncimodelcircketerampilankalimatutamaHasilobservasipadasiswakelasIVSDNWonorejo02KabupatenBlitarditemukanpermasalahanantaralain(1)gurumasihmenggunakanmetodeceramahdantanyajawabpadapembelajaranBahasaIndoneisa(2)gurumenjadipusatdalamprosespembelajaransehinggaaktivitassiswadalampembelajaransangatkurang(3)siswamasihengganuntukmengungkapkanpendapatnya.PenelitianinibertujuanmendeskripsikanpenerapanmodelCIRCuntukmeningkatkanketerampilanmenemukankalimatutamapadasiswakelasIVSDNWonorejo02KabupatenBlitardanpeningkatkanketerampilanmenemukankalimatutamapadasiswakelasIVSDNWonorejo02KabupatenBlitarPenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakansebanyakduasiklusyangmasing-masingteridiridariduapertemuan.Setiapsiklusterdiridaritahapanperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiteswawancaradokumentasidancatatanlapangan.Aktivitasdalamanalisisdatayaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentaseaktivitassiswaaktivitasgurudanketerampilanmenemukankalimatutamamengalamipeningkatan.PadasiklusIpertemuan1persentaseaktivitasgurusebesar85%(baik)danpertemuan2sebesar92%(sangatbaik).PadasikluIIpertemuan1dan2aktivitasgurumencapai100%(sangatbaik).SedangkanaktivitassiswapadasiklusIpertemuanIsebesar72%(cukup)danpertemuan2sebesar82%(baik).PadasilklusIIpertemuan1sebesar87%(baik)danpertemuan2sebesar92%(sangatbaik).PersentaseKBKsiswadalammenemukankalimatutamapadasiklusIpertemuan1sebesar47%(sangatkurang)danmeningkatpadapertemuan2menjadi74%.(cukup)PadasiklusIIpertemuan1sebesar84%(baik)danmeningkatpadapertemuan2menjadi89%(baik).BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaranmenemukankalimatutamadenganmodelCIRCtelahdilaksanakandengansangatbaikolehgurudansiswasehinggaberdampakpadameningkatnyaketerampilanmenemukankalimatutamadenganbaikpadasiswakelasIVSDNWonorejo02KabupatenBlitar.DengandemikiandiharapkangurumenerapkanmodelCIRCuntukmenciptakankegiatanpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifdalamkegiatanpembelajaran