Penerapan model make a match untuk meningkatkan pembelajaran IPA semester genap pada kelas III di SDN Ampeldento 02 Kabupaten Malang / Anita Juniyarsi

Main Author: Juniyarsi, Anita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/6506/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKJuniyarsiAnita.2017.PenerapanModelPembelajaranMakeAMatchuntukMeningkatkanPembelajaranIPASemesterGenappadaKelasIIIdiSDNAmpeldento02KabupatenMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HeruAgusTriWidjajaM.Pd(II)Drs.SyaifulImamIS.Pd.M.Pd.KatakunciPembelajaranIPAModelMakeAMatchBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadakelasIIISDNAmpeldento02padapembelajaranIPAmaterikenampakanpermukaanbumididapatkanfaktabahwagurukelasIIImasihmenggunakanmetodeceramahTanyajawabdanpemberiantugasmengerjakanLKSsehinggasiswamengalamikebosanandanmasihkurangaktifdalampembelajaran.Darihasilulanganpratindakanmaterikenampakanpermukaanbumimenunjukkanrata-ratahasilbelajarsiswahanyamencapai64danhanya9siswadari22siswayangmencapaiKKMyangditentukanolehsekolahyaitu70.UntukituagardapatmeningkatkanpembelajaranIPAperludiadakanperbaikanyaitudenganmenerapkanmodelmakeamatch.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)penerapanmodelmakeamatchpadapembelajaranIPAmaterikenampakanpermukaanbumi(2)keaktifansiswaselamapembelajarandenganmodelmakeamatch(3)peningkatanhasilbelajarsetelahmenggunakanmakeamatch.PenelitianinidilakukandiSDNAmpeldento02kabupatenMalangdengansubyek22siswayangterditiatas10laki-lakidan12perempuan.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdikembangkanolehkemmisMc.Taggartsetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatandan(4)refleksi.Sedangkanteknikpengumpulandatamenggunakanobservasidokumentasidantes.InstrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatamenggunakanlembarobservasipenyusunanRPPlembarobservasipelaksanaanpembelajaranmodelmakeamatchlembarobservasiaktivitassiswadansoaltes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelmakeamatchpadapembelajaranIPAdapatdilaksanakandenganbaik.HaliniditunjukandenganadanyaperolehankeberhasilangurudalammenerapkanmodelmakeamatchpadasiklusIyaitu9473%danmeningkatpadasiklusIImenjadi100%.AktivitasbelajarsiswameningkstsiklusImaterikenampakanpermukaanbumidiperolehrata-ratasebesar77padasiklusImenjadi85padasiklusII.Hasilbelajarsiswajugameningkatdarirata-rata6068padasiklusImenjadi8140padasiklusII.BerdasarkanuraiandiatasaktivitasdanhasilbelajarsiswadapatmeningkatdenganmengunakanmodelmakeamatchdisarankandalampembelajaranIPAmenggunakanmodelmakeamatch.