Peningkatan hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan melalui model problem based learning di kelas V SDN Rembang 2 Kota Blitar / Deana Putri Oktafia
Main Author: | Oktafia, Deana Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6500/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKOktafiaDeanaPutri.2017.PeningkatanHasilBelajarSiswaMateriPenjumlahandanPenguranganBilanganPecahanMelaluiModelProblemBasedLearningdiKelasVSDNRembang2KotaBlitar.Skripsi.JurusanKependidikanSekolahdanPrasekolah.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.M.ZainuddinM.Pd.(II)YuniawatikaS.PdM.PdKataKuncihasilbelajarmatematikametodeproblembasedlearningHasilobservasidanwawancarayangdilakukanolehpeneitidikelasVSDNRembang2KotaBlitarmenunjukkanmasalahantaralain(1)siswakurangmemahamimateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahan(2)pembelajaranmasihberpusatpadagurudan(3)kurangnyaminatsiswapadapembelajaranmatematikadan(4)rendahnyahasilbelajarsiswapadamateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahanyaknihanya40%siswayangtuntasdanmendapatnilaidiatasKKMyaitu70.PenelitianinibertujuanuntukmenerapanmodelProblemBasedLearningdanmeningkatanhasilbelajarsiswamateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahan.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniyaitupendekatankualitatifdenganjenispenelitaintindakankelas.Penelitianinidilaksanakanselama2siklusdenganmasing-masingsiklusterdiridari4tahapyaitutahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatadancatatanlapangan.Kemudiandatayangterkumpuldianalisisdengantahapreduksidatapenyajiandatadanevaluasi.HasilpenelitiandenganmenerapkanmetodeProblemBasedLearningpadamatapelajaranmatematikamateripenjumlahandanpengurangandapatberjalandenganbaikdanmengalamipeningkatan.PadasiklusIpersentaseketuntasanklasikalaktivitasgurusiklus1sebesar9130%meningkatpadasiklusIImenjadi9591%dengankriterasangatbaik.PeningkatanjugaterlihatpadajumlahpersentaseaktivitassiswapadasiklusIsebesar8927%dengankriteriabaikkemudiansiklusIImendapat9321%dengankriteriasangatbaik.SedangkanhasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatantetapipadatahappratindakankesiklusImengalamipenurunaanpersentaseketuntasanklasikal.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehpadasaatpratindakanyaitu5275danpersentaseketuntasanklasikalsebesar40%menjadi6001danpersentaseketuntasanklasikalsebesar325%.Nilairata-ratadanpersentaseklasikalmeningkatpadasiklusIImenjadi8874danpersentaseketuntasanklasikal825%dengankriteriabaik.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelProblemBasedLearningpadamatapelajaranmatematikamateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahantelahdilaksanakandenganbaikolehgurumaupunsiswadandapatmeningkatakanhasilbelajarsiswakelasVSDNRembang2KotaBlitar.OlehkarenaitudisarankanbagiguruuntukmenerapkanmodelProblemBasedLearningpadamateripenjumlahandanpenguranganbilanganpecahanaagarhasilbelajarsiswadapatmeningkat.