Makna Konservasi Sumber Daya Pesisir dan Laut dalam Budaya Lokal Patorani di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar Melalui Perspektif Fenomenologi / Hasriyanti

Main Author: Hasriyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/64895/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHasriyanti2017.MaknaKonservasiSumberDayaPesisirdanLautdalamBudayaLokalPatoranidiKecamatanGalesongKabupatenTakalarMelaluiPerspektifFenomenologi.DisertasiProgramStudiPendidikanGeografiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Drs.IKomangAstinaM.S.Ph.D.(III)Dr.SinggihSusiloM.S.M.Si.KataKunciBudayaPatoraniKonservasiSumberDayaPesisirdanLautMasyarakatGalesongmelakukantindakankonservatifdalampengelolaansumberdayapesisirdanlautmelaluibudayalokalpatorani.Budayapatoranimemandumanusiadalambersikapdanberperilakuterhadaplingkungannyatermasukmengelolasumberdaya.Tujuanpenelitianini(1)UntukmendeskripsikankondisikonteksyangmelatarbelakangipatoranidalamkonservasiwilayahpesisirdanlautdiKecamatanGalesongKabupatenTakalarSulawesiSelatan(2)Untukmendeskripsikansistempengetahuanbudayalokalpatoranidalamkonservasiwilayahpesisirdanlaut(3)Untukmendeskripsikanmaknatindakanbudayapatoranidalamkonservasiwilayahpesisirdanlaut(4)Untukmendeskripsikannilaiyangterkandungdalambudayapatoranidalamkonservasiwilayahpesisirdanlautdan(5)UntukmenunjukkankedudukanbudayapatoranidalamkonservasipesisirdanlautpadamatakuliahGeografiPesisirdanKelautan.Jenispenelitianiniadalahkualitatifdenganpendekatanfenomenologi.PengumpulandatadilakukandenganobservasiwawancaradokumentasidanFocusGroupDiscussion.Pemilihandanklarifikasidatadilakukandenganumpanbalikataucrosscheckdatahasilcatatandilapangandantriangulasidata.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)Konteksyangmelatarbelakangipatoranidalamkonservasiwilayahpesisirdanlautyakniadanyamotifsebabsehinggaadanyaberbagaisarak(ketentuan)kasipalli(pantangan)danpappasang(pesan)dilatarbelakangiolehkejadiandimananelayanyangmengambilkekayaanlautdengantidakberetika(semaunya)pengunaanalattangkapyangtidakramahlingkungandanwaktupengambilansumberdayalautyangtidakmemberikankesempatankepadasumberdayahayatiuntukmengembangbiakkandirinyasecarawajar.(2)Sistempengetahuanpatoraniterbagiatasduaerang(pengetahuan)yaituerangpassimombalang(pengetahuandalamselukbelukpelayaran)danerangpakboya-boyang(pengetahuandalamcaradanteknologipenangkapan).Erangpassimombalangmerupakanpengetahuanpatoraniyangdidasarkanmelaluiindraberupapaccinik(penglihatan)pallangngerek(pendengaran)pangngarak(penciuman)pakkasiak(firasat)dantappak(keyakinan).Dalamkaitannyadengankegiatanmelautnelayanpatoraniselainharusmengetahuitentangmusimjugaberpedomanpadagugusanbintangdiangkasaataupungumpalanawanyangberarakdisampingperedaranmusimperedaranmataharidanbintangjugaarahanginpetir/kilatarusdangelombanglautsertagugusankarangsertawarnadankekeruhanairlaut.Erangpakboya-boyangmerupakanpengetahuanyangmengajarkannelayanpatoraniuntuksenantiasamenggunakanbahanlokaldanalattangkaptradisionaliiiyangkonservatifyaknipakkajadanballa-ballademikesinambunganikantoraniyangmerekaburusetiaptahun.Caradanteknikpenangkapanikantoranijugadituangkandalampakdoangang(doa)pappasang(pesan)dankelong(lagu).Caradanteknikmagistersebutmenyerupaiataumengarahkepadakelengkapandariteknologialat(hardware)mereka.(3)Maknatindakandalambudayapatoranitertuangdalam3bagianritualyakniritualAppakruruPatorani(persiapanpatorani)ritualRiTamparanga(ritualdilautan)danritualAttayangPatorani(menunggukedatanganpatorani).Aktivitaspatoranisenantiasadipenuhidenganpakdoangang(doa)selamaassawakung(melaut).Punggawadansawipadasaattertentumelakukankomunikasisecarabatindenganmengharapkanfungsiperahudapatberjalansesuaidenganharapan-harapanyangada.Harapan-harapantersebutmerupakanperwujudandarikategoripengetahuanlokal.Pakdoangangadalahsuatupernyataansebagaiteknikmemanggilikantoraniuntukberdatangankepakkajadanballa-balla.(4)Nilaiyangterkandungdalambudayapatoranimerupakanhasiladaptasiyangsangatbergantungpadapengembangankemampuanmanusiayangunikyangmemanfatkansimboltanda-tandaatauisyaratyangtidakadapaksaanatauhubunganalamiahdenganhal-halyangmerekapercayaidanpertahankan.Haltersebutmendorongpatorani(baiksecaraindividuataukelompok)dapatmenanamkansistemnilaisesuaidenganciptarasadankeyakinanmasing-masing.Kompleksnilai-nilaibudayatersebutsecaragarisbesarmencakupNilaiAgamadanKepercayaankepadaTuhanYangMahaEsaNilaiKuasaNilaiSolidaritasNilaiAkkareso(BekerjaSungguh-sungguh)NilaiGetteng(TegasdanKonsisten)NilaiSipakatau(SalingMenghargai)NilaiBarani(Keberanian)NilaiAssitulung-tulung(SalingMenolong)NilaiKepedulianterhadapLingkunganPesisirdanLautNilaiPersatuanNilaiKekerabatanNilaiSirik(MaludanHargaDiri)NilaiKasipalli(Pantangan)NilaiTanggungJawabNilaiKebenaranNilaiSakbarak(Kesabaran)NilaiPerjuanganNilaiRannu(Kegembiraan)danNilaiSumangaTalanre(Semangatpantangmenyerah).Dan(5)KedudukanbudayapatoranidalamkonservasipesisirdanlautpadamatakuliahGeografiPesisirdanKelautanditunjukkanpadapertemuanke-10danke-11denganmateriPemanfaatanSumberDayaberdasarkanKelestarianWawasanLingkungansertaKearifan/BudayaLokaldalamRPS(RencanaPembelajaranSemester).Upayapenyelamatantindakaneksploitasisumberdayapesisirdanlautsecaraberlebihanadalahdenganmengkajibudayalokalyangdiproyeksikandengancarayangsesuaidenganpolapikirdantradisisetempat.Perilakuyangbersumberdaribudayalokaldiharapkanmampumemunculkankonsepmenjagakeseimbanganpelestarianlingkungan.Nelayanpatoranimerupakansalahsatukomunitasnelayanyangkondisirealitasnyasampaisaatinimengelolamemeliharadanmemanfaatkansumberdayahayatipesisirdanlautberdasarkannorma-normadannilai-nilaibudayamelaluipenggunaanerang(pengetahuan)lokal.Pendekatanpengelolaanlingkunganberbasiskearifanlokalyangberkelanjutanharusmemperhatikaninteraksiantaramanusiadengankondisifisikalamiahdankondisisosialberdasarkankarakteristikgeografiswilayah.Budayalokalpatoranisangatbergunadanpentinguntukdikajikarenaberperansebagaipanduanpandanganaturanyangadadimasayarkatdalambersikapuntukpenataansumberdayapesisirdanlaut.