Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 3 Dono Kabupaten Tulungagung / Raulia Dwinda Rahmania
Main Author: | Rahmania, Raulia Dwinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6488/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmaniaRauliaDwinda.2017.PeningkatanHasilBelajarmelaluiModelPembelajaranStudentTeamAchievementDivision(STAD)padaMataPelajaranIPSKelasIIISDN3DonoKabupatenTulungagung.SkripsiProdiS1-PendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TriMurtiS.Pd.M.Pd.(II)SuminahS.Pd.M.Pd.KataKuncimodelpembelajaranstadhasilbelajaripsBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasIIISDN3DonoKabupatenTulungagungpadaprosespembelajaranIPSdenganjumlahsiswa15yaitu(1)gurumenyampaikanmateridenganceramah(2)siswakurangterlibatdalamprosespembelajaran(3)siswamasihbelumaktifberpendapatdanmenjawabpertanyaanguru(4)gurubelummenggunakanpembelajaransecarakelompok(5)hasilbelajarsiswarendahdenganpersentase2666%yangmendapatnilaidiatasKKMyaituterdapat4siswatuntasdan11siswabelumtuntas.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranSTADdalamprosespembelajaranIPSdan(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPSmelaluipenerapanmodelpembelajaranSTAD.Pendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniyaitupendekatankualitatif.Jenispenelitianyangdigunakanyaitupenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianinidilakukandalam2siklusdengan2pertemuanpadasetiapsiklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Teknikpengumpulandatadilakukandengancaraobservasicatatanlapangandokumentasidantes.Teknikanalisisdatayangdilakukanpadapenelitianiniadalahteknikanalisisdatakualitatifyaitureduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmenerapkanmodelpembelajaranSTADpadapembelajaranIPSterjadipeningkatanaktivitasguruaktivitassiswadanhasilbelajar.Rata-ratapersentaseaktivitasgurupadasiklusIsebesar8846%dengankriteriabaikdanmeningkatpadasiklusIImenjadi100%dengankriteriasangatbaik.PersentaseaktivitassiswapadasiklusIsebesar625%dengankriteriakurangbaikdanmeningkatpadasiklusIImenjadi865%dengankriteriabaik.Rata-ratahasilbelajartahappratindakan612denganpersentaseketuntasanklasikal2666%kriteriasangatkurangbaikpadasiklusI673denganpersentaseketuntasanklasikal3975%kriteriasangatkurangbaikdanmeningkatpadasiklusIImenjadi814denganpersentaseketuntasanklasikal933%kriteriasangatbaik.PenerapanmodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkanaktivitasguruaktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.UntukitudisarankankepadagurudanpenelitiuntukmenerapkanmodelpembelajaranSTADdalampembelajaranIPSsertamemberikanrewardpadasiswauntukmengkondisikan.