Pengaruh komunikasi antar pengusaha pelanggan , pembelajaran wirausaha, dan sikap kewirausaha terhadap kinerja usaha kecil / Muhammad Rakib

Main Author: Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/64845/
Daftar Isi:
  • UsahaKecilMebelKayumerupakansalahsatumatapencaharianmasyarakatdiKotaParepareyangmengalamiberbagaikendaladalammempertahankankeberlanjutannyasebagaimanausahakecillainnya.PemerintahKotaPareparetelahberusahameningkatankinerjausahakecilmebelkayumelaluiprogrampemberdayaanusahakecildanmenengahmelaluiprogrambantuandanabergulirpendidikandanpelatihandanmembangunpasarmebelkayunamunhasilnyabelummenunjukkanpeningkatankinerjausahayangsignifikan.Beberapamasalahumumyangdijumpaidilapanganyaitusikappemilikusahadalammemberikanpelayanankepadapelanggandankualitasprodukmasihrendahsehinggamenimbulkanketidakpuasanparapelanggan(pembeli)terhadapkinerjausahakecilmebelkayu.Penyebabdarikendalasemacaminididugakuatkarenalemahnyakarakterjiwakewirausahaanyangdimilikiparapemilikusahadanbelumkokohnyaperanmanajerialparapemilikusahakecilmebeldalammengelolausahanyapadalingkunganyangsedangberubah.MengacupadaberbagaifenomenadiataspertanyaanyangmunculadalahapakahkomunikasiantarpengusahapelangganpembelajaranwirausahadansikapkewirausahaanberpengaruhterhadapkinerjausahakecilmebelkayudiKotaParepare.Penelitianinimengambilsampelsebanyak140pemilikusahakecilmebelkayudiKotaPareparedenganmenggunakankuesionerobservasiwawancaradandokumentasiuntukmengumpulkandata.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahStructuralEquationModeling(SEM).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabaiksecaraparsialmaupunsimultankomunikasiantarpengusahapelangganpembelajaranwirausahadansikapkewirausahaanberpengaruhsecarasignifikanterhadapkinerjausahakecil.Peningkatankinerjausahakecilparapemilikusahadipengaruhiolehfaktor(1)kemampuannyadalamberkomunikasisecaraefektifdenganpelanggandenganmenunjukkanperilakusepertiketerbukaanempathyperilakumendukungperilakupositifdankesamaan(2)pembelajaranwirausahayangdimilikiolehparapemilikusahakecilmelaluipendidikandanlatihankewirausahaanpengalamandalammengelolausahadanmentoringdariorangtuasebagaipewarisusahadanataumantanmajikanpadasaatmagangsebelummendirikanusahasendirisangatmempengaruhipeningkatankinerjausahanyadan(3)sikapkewirausahaanmeliputidisiplinyangtinggikomitmentinggijujurdalambertindakdanbersikapberanimengambilresikoproaktifdanpandaibergauldankontribusiyangdiberikandarivariabeltersebutterhadapkinerjausahakecilmemberikansignifikansiyangnyata.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankankepada(1)PemerintahDaerahhendaknyadalampembinaanusahakecildilakukandenganpengembangansumberdayamanusiasehinggamemperolehwirausahayangberkualitas(2)PemilikUsahaKecil(PengusahaKecil)agarmembekalidirinyadenganteknikberkomunikasisecaraefektifmeningkatkankualitasproduknyamelaluipembelajaranwirausaha(pendidikandanpelatihanpengalamandanmentoring)danmengembangkansikapkewirausahaanpadadirinyasepertimemilikikedisiplinanyangtinggikomitmentinggijujurdalambertindakdanbersikapkreatifdaninovatifberanimengambilresikoproaktifdanpandaibergaul(3)InstrukturPelatihan/PembuatKurikulumPendidikanagarpendidikanekonomimemilikimisimelaksanakanpendidikankewirausahaanmakasudahselayaknyamengalamiperubahanataupenyesuaiansepertipengembanganstrategipembelajarandenganstudikasusbagipendidikannonformal(diklat)mengembangkanmaterikewirausahaankhususnyadipendidikanformal(sekolah)baikpendidikandasarmenengahmaupunperguruantinggidan(4)Penelitiperlumengkajifaktorinternallainnyayangmempengaruhikinerjausahakecilsepertimotivasidankompetensidanindikator-indikatoryanglaindalammengukurvariabelpenelitianiniyaituefektivitaskomunikasi(misalnyafaktorkomunikatorpesansalurandankomunikan)pembelajaranwirausaha(misalnyastrategipembelajaranmateripembelajarandantenagapendidik/instrukturpelatihan)dansikapkewirausahaan(misalnyakemandiriankerjakerasdankeyakinandiri)sertakinerjausahakecil(misalnyaprosesbisnisinternaldanakumulasimodal)mengembangkandenganpendekatankuantitatifdanmengkajiusahakecillainnya(selainusahakecilmebelkayu)atauusahakecilsecaraluas.