Pengembangan model pendidikan ekonomi non formal untuk meningkatkan produktivitas ekonomi buruh usaha sepatu berskala kecil dan menengah di Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto / Norida Canda Sakti

Main Author: Sakti, Norida Canda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/64821/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKShofiyanaIanata.2017.PeningkatanHasilBelajarSifat-sifatCahayamelaluiModelGuidedDiscoverydiKelasVSDNSanankulon01KabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.LilikBintartikM.Pd(II)Dra.TriMurtiS.PdM.PdKataKuncihasilbelajarIPAsifat-sifatcahayaguideddiscoveryBerdasarkanwawancaradengangurukelasVSDNSanankulon01diperolehinformasinilaiKKM(75)dansiswayangmemperolehnilaidiatasKKMsebanyak6siswa(352%)sedangkansiswayangmemperolehnilaidibawahKKMsebanyak11siswa(648%).Sedangkandalamkegiatanobservasiaktivitasgurudansiswadiperolehdatasebagaiberikut1)pembelajarantidakdidukungdenganadanyamedia2)bukupaketbelummerata3)pembelajarandilaksanakandenganmetodetanyajawabdanceramah4)pembelajarankurangmelibatkanalamsekitar5)selamapembelajaranberlangsungsaatobservasibelumpernahmelaksanakanpercobaan6)prosespembelajaranyangdigunakanmasihbersifatkonvensional.PenelitiandilaksanakandenganpendekatankualitatifjenisPTK.Datayangdiperolehmeliputidatapenerapanmodelguideddiscoverydataaktivitasgurudansiswasertahasilbelajarsiswa.Tindakanpenelitiandilaksanakanselama2siklusmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuan.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaratescatatanlapangandandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanrata-ratapersentaseaktivitasgurupadasiklusI825%(baik)danmeningkatmenjadi975%(sangatbaik)padasiklusII.Rata-ratapersentaseaktivitassiswapadasiklusI8015%(baik)danmeningkatmenjadi9365%(sangatbaik)padasiklusII.Rata-ratahasilbelajarranahkognitifpadatahappratindakanhanya649(kurang)denganketuntasanklasikal412%(perlubimbingan)meningkatmenjadi758(cukup)denganketuntasanklasikal676%(kurang)padaakhirsiklusIdan8655(baik)denganketuntasanklasikal100%(sangatbaik)padaakhirsiklusII.RanahafektifpadaaspekbekerjasamapadasiklusIada8siswa(47%)danmeningkatpadaakhirsiklusIIada16siswa(941%).NilairanahpsikomotorsiswapadaawalsiklusIyangmendapatnilai100hanya6siswadanmeningkatmenjadi15siswapadaakhirsiklusII.PadasiklusIada5siswayangmendapatnilaidibawahKKMsedangkanpadasiklusIIsemuasiswasudahmencapainilaidiatasKKM.RanahafektifpadaaspekdisiplinpadasiklusImunculpada7siswa(411%)danmeningkatpadaakhirsiklusIImenjadi10siswa(588%).Makadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelguideddiscoveryyangdilaksanakanolehgurudansiswadengansangatbaikpadapembelajaransifat-sifatcahayadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadikelas5SDNSanankulon01KabupatenBlitar.Olehkarenaitudisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelguideddiscoverydalampembelajaranagarhasilbelajardanketuntasanbelajarklasikalsiswalebihmaksimal.